Tradisi Mappadendang Bentuk Syukur Keberhasilan Menanam Padi

 

BARRU, PIJARNEWS.COM–Bupati Barru, Suardi Saleh didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Barru, Hasnah Syam menghadiri acara Mappadendang di Dusun Pacciro Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja, Sabtu, 22 Juni 2019.

Mappadendang merupakan tradisi masyarakat Bugis dalam pesta tani sebagai bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas keberhasilan menanam padi.

Dalam sambutannya, Suardi Saleh menyampaikan bahwa acara Mappadendang patut dilestarikan karena tradisi turun temurun yang ada sejak dulu dan merupakan sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT.

“Kami berharap tradisi ini senantiasa memberi kita pembelajaran dan dijadikan wadah untuk mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan semangat gotong royong antar sesama masyarakat,” ujarnya.

Usai memberi sambutan, Bupati Barru bersama Hasnah Syam turut bergabung bersama warga menumbuk pada lesung dengan tongkat besar sebagai penumbuknya.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Tanete Riaja, Kades Pacciro, Kades Anabanua, para kepala dusun, tokoh masyarakat. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News