Pilihan Gadget Dukung Belajar Online

TEKNO, PIJARNEWS.COM–Saat ini proses belajar mengajar dilakukan di rumah, mengingat covid-19 tak kunjung usai. Para pelajarpun harus melengkapi diri dengan fasilitas seperti kumputer, laptop atau gadget.

Untuk gadget, pilihan yang bisa digunakan adalah komputer tablet. Ukuran layarnya lebih besar dibandingkan smartphone, namun lebih ringkas dari laptop.

Supaya kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan lebih efektis sekaligus menghibur, ada sejumlah tips yang bisa dicoba dengan perangkat tablet, seperti dilansir dari KompasTekno, Selasa (4/8/2020).

Seperti smartphone, tablet juga biasanya memiliki fasilitas perekam suara alias voice recorder. Demikian pula dengan tablet Galaxy Tab S6 Lite yang dirilis Samsung beberapa waktu lalu.

Fitur ini bisa dimanfaatkan untuk merekam sesi kelas online saat berlangsung. Saat kelas selesai, rekaman bisa diputar ulang untuk membantu anak mengingat pelajaran.

Orang tua juga bisa membuat eksperimen berupa podcast bersama anak terkait materi pembelajaran.

Galaxy Tab S6 Lite juga memiliki aplikasi My Magic Voice untuk merekam suara dan memutarnya dengan berbagai efek suara yang menarik untuk anak sehingga proses belajar tak terasa membosankan.

Sementara, sebagian anak suka melakukan kegiatan belajar dengan melibatkan banyak gerakan tubuh. Untuk memfasilitasi hal ini, Samsung menawarkan Galaxy Apps for Kids yang bisa diakses di Kids Mode.

Di sini terdapat sekitar 3.000 aplikasi yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar serta bermain.

Ada aplikasi pembelajaran bahasa, aplikasi matematika yang sesuai juga, dan banyak lagi yang juga menampilkan berbagai kartun populer.

Untuk anak yang gemar musik, ada aplikasi Lisa’s Music Band berisi berbagai macam suara alat musik sesuai preferensi anak. Orang tua dan anak pun bisa menari bersama sambil belajar.

Asah kreativitas dengan stylus

Di pasar, ada sejumlah tablet yang dilengkapi dengan pena stylus. Pena tersebut bisa digunakan untuk mengasah kreativitas anak seperti menulis dan menggambar di layar tablet.

Untuk mengendalikan penggunaan tablet oleh anak, Galaxy Tab S6 Lite menyediakan fasilitas parental control yang bisa membatasi durasi penggunaan harian dan akses terhadap kontak maupun aplikasi yang bisa digunakan.

Sementara itu, mode Samsung Kids bisa diaktifkan agar anak hanya mengakses konten hiburan dan edukasi yang sesuai dengan usianya.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News