Orasi, Fatmawati Sampaikan Komitmennya dengan Falsafah Bugis Nene Mallomo

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) mendeklarasikan diri maju pada Pilwalkot Makassar 2020. Kegiatan deklarasi unik tersebut berlangsung di atas kapal Phinisi di Pantai Losari, Jalan Penghibur, Kamis (3/8/2020).

Kedua pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Walikota itu secara bergantian menyampaikan orasinya.

Bakal Calon Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi membuka orasinya dengan penuh keyakinan dengan ucapan basmalah siap mendampingi Danny Pamanto membangun kota Makassar dua kali tambah baik. Selain itu menjadi kota inovatif dan nyaman untuk semua.

Fatma juga menyampaikan, telah menyapa dan menemui warga kota Makassar masuk dan keluar lorong, dari kelurahan ke kelurahan. Ia telah melihat animo masyarakat yang ditemuinya, mereka menyampaikan kerinduan pada sosok kepemimpinan Danny Pomanto. Selain itu masyarakat yang ditemuinya juga menyampaikan harapan-harapannya.

“Bagi saya itu adalah amanah mulia, tentang perhatian khusus dari kami terhadap hak-hak perempuan, pemberdayaan perempuan. Karena perempuan menentukan masa depan anak cucu kita, dan masa depan peradaban,” ujar mantan anggota DPR RI yang juga mantan Ketua Penggerak PKK Sidrap selama 10 tahun ini.

“Saya katakan, percayakan urusan ini kepada kami, karena Danny-Fatma-lah yang paling mengerti. Betul, saya mengerti itu, kesetaraan dan keadilan gender. Tak perlu lagi sekedar wacana, tapi tindakan dan keberpihakan nyata untuk mewujudkan itu jauh lebih penting,” ujar mantan Bunda PAUD Kabupaten Sidrap dua periode ini.

Dalam orasinya, Fatma juga menyampaikan falsafah nenek moyang bugis Sidrap yang berbunyi Resopa Temmangingngi Namallomo Naletei Pammase Dewata yang berarti Dengan kerja keras dan diiringi dengan doa, maka niscaya Tuhan akan meridhoi segala usaha baik kita.

Fatma dengan tegas menyampaikan komitmennya jika terpilih akan berpihak kepada kaum perempuan.

“Insya Allah itu tugas saya (membela hak perempuan-red) yang tidak perlu ditawar lagi. Bagi saya adalah pesona temmangingngi namalomo naletei pammase dewata,” ucapnya.

“Naluri ke ibuan saya tidak akan hilang dari lubuk hati saya, tentunya hanya perempuan yang mengerti kebutuhan, keluhan dan hak perempuan seutuhnya,” pungkasnya.

Fatma menutup orasinya dengan menyampaikan terimakasih kepada partai pengusung dan pendukung, yakni Partai NasDem, Gerindra, PBB dan Partai Gelora.

Sebelumnya, bakal calon Wali Kota Makassar Danny Pomanto menyampaikan visi ADAMA 2020 yang salah satunya tentang percepatan mewujudkan Makassar kota dunia yang sombere dan smart city dengan imunitas kota yang kuat untuk semua. Kata ‘untuk semua’ lanjutnya, adalah sebuah komitmen dan konsistensi yang kuat tentang tuntutan Makassar menjadi kota inklusif termasuk mengakomodir kepentingan 770.709 jiwa atau 50,5 persen penduduk perempuan di Kota Makassar.

“Maka atas urgensi itulah mengapa kami meminta Ibu Fatmawati Rusdi untuk mendampingi kami sebagai calon wakil wali kota 2021-2026,” tambahnya. (*)

Editor : Muhammad Tohir

 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News