Forum Pengembang Ajatappareng

Yuk Ikut, Nobar Film G30S/PKI di Teras Empang

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Parepare akan menyelenggarakan Nonton Bareng (Nobar) Film G 30 S/PKI di Teras Empang Rest. Acara tersebut sedianya digelar pada Kamis, 28/9.

Kordinator Acara, Amri Kalbu mengatakan, Pemuda Pancasila merasa terpanggil untuk mengajak generasi muda menengok kembali sejarah pengkhianatan PKI.

“kilas balik film G30S/PKI ini merupakan sejarah sekaligus pelajaran penting betapa biadabnya PKI dan ajaran komunisme di Republik ini’’ kata Amri dalam rilis yang diterima PIJAR.

Sementara, Ketua Panitia, Surya Resa Ade Putra mengatakan, persiapan telah dilakukan oleh anggotanya, mulai dari undangan hingga dekorasi. “Sekarang sudah mencapai tahap pengerjaan, kami juga mengajak masyarakat untuk ikut menyaksikan kegiatan ini,’ ’jelasnya.

  • Diwarnai Kontroversi

Pemutaran kembali film G30S/PKI tengah menjadi perhatian publik saat ini. Kontroversi pro dan kontra pun muncul di masyarakat.

Dikutip dari Wikipedia, film Penghianatan G30S/PKI disutradarai dan ditulis oleh Arifin C. Noer, diproduseri oleh G. Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. Diproduksi selama dua tahun dengan anggaran sebesar Rp 800 juta kala itu, film ini disponsori oleh pemerintahan Orde Baru Soeharto.

Film ini dibuat berdasarkan pada versi resmi menurut pemerintah kala itu dari peristiwa Gerakan 30 September atau G30S (peristiwa percobaan kudeta pada tahun 1965) yang ditulis oleh Nugroho Notosusanto dan Ismail Saleh, yang menggambarkan peristiwa kudeta ini didalangi oleh Partai Komunis Indonesia atau PKI.

Televisi milik pemerintah, TVRI, diwajibkan menayangkan film ini setiap tahun pada 30 September malam saat pemerintahan Soeharto. Film ini juga diperintahkan menjadi tontonan wajib bagi siswa sekolah di Indonesia, walaupun memperlihatkan adegan-adegan yang penuh kekerasan berlebihan. Peraturan ini kemudian dihapuskan sejak jatuhnya Soeharto pada 1998. (*/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News