Warga Parepare Doakan Kesembuhan Presiden ke-3 BJ Habibie

Presiden ketiga RI, BJ Habibie.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sejumlah warga di Kota Parepare, Sulawesi Selatan mendoakan kesembuhan
Presiden Ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie yang kini dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Beragam doa dipanjatkan oleh warga yang terpantau dari media sosial seperti Group Facebook Aku Cinta Parepare (ACP) dan Group Whatsapp ACP, Ahad (8/9/2019).

Di group Whatsapp ACP, akun Fadly Agus Mante, Ketua MPC Pemuda Pancasila Parepare memanjatkan doa untuk BJ Habibie. “Semoga Bapak BJ. Habibie diberi kekuatan dan kesembuhan dari Yang Maha Kuasa, Allah SWT,” tulis Awink, sapaan akrab Fadly Agus Mante yang diaminkan akun Didit.

Doa tulus serupa juga terpantau di group Facebook ACP. Seperti akun Surul Arule menuliskan,”Semoga beliau lekas sembuh … Aamiin Yra.”

Dilansir dari wikipedia, Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, lahir di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936; umur 83 tahun adalah Presiden Republik Indonesia yang ketiga. Sebelumnya, BJ Habibie menjabat sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ke-7, menggantikan Try Sutrisno. BJ Habibie menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden pada tanggal 21 Mei 1998.

BJ Habibie kemudian digantikan oleh Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang terpilih sebagai presiden pada 20 Oktober 1999 oleh MPR hasil Pemilu 1999. Dengan menjabat selama 2 bulan dan 7 hari (sebagai wakil presiden) dan juga selama 1 tahun dan 5 bulan (sebagai presiden), BJ Habibie merupakan Wakil Presiden dan juga Presiden Indonesia dengan masa jabatan terpendek.

Dari sekian banyak presiden Indonesia, BJ Habibie pun merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi dan bukan berasal dari etnis Jawa. Saat ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi dibangunnya Monumen BJ Habibie di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin, di Kabupaten Gorontalo.

Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo pun sempat mengusulkan nama BJ Habibie digunakan sebagai nama universitas negeri setempat, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo yang masih digunakan.

Pantauan PIJARNEWS, di Kota Parepare, nama BJ Habibie juga banyak digunakan oleh Pemerintah Kota Parepare. Seperti pembangunan monumen cinta Habibie-Ainun di sudut Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare.

Selain itu, ada gedung Balai Ainun Habibie dan kini sedang dibangun rumah sakit Hasri Ainun Habibie di Tonrangeng, Kota Parepare. Pemerintah Kota yang kini dipimpin Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe juga akan membangun dan mendirikan Institut Teknologi Habibie (ITH). Di dunia olahraga di Sulawesi Selatan juga terkenal turnamen Sepakbola Habibie Cup. Umumnya, turnamen ini digelar di Kota Kelahiran BJ Habibie yakni Kota Parepare. (*)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda