Rektor IAIN Parepare Pantau Ujian Jalur Mandiri Berbasis CBT

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Pelaksanaan Ujian Masuk (UM) Jalur Mandiri calon mahasiswa baru IAIN Parepare digelar di ruang Laboratorium ICT lantai 2 gedung Teknologi Informasi Pangkalan Data (TIPD) IAIN Parepare, Kamis, 11 Juli 2019.

Ujian yang berbasis CBT atau Computer Based test ini diperkirakan akan berlangsung hingga 14 Juli 2019 mendatang.

Dalam sehari, ujian dibagi menjadi empat sesi. Setiap sesi diikuti 60 peserta dengan menggunakan dua ruang komputer.

Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan didampingi para Wakil Rektornya melakukan pemantauan langsung ke lokasi ujian.

Menurut Ahmad, pelaksanaan ujian berbasis CBT merupakan model ujian yang objektif.

“Ini adalah suatu model ujian yang objektif. Saya senang melihat pelaksanaan ini dan peserta mengikuti secara antusias. Kita berharap tahun depan model ini terus kita kembangkan,” ucap Ahmad Sultra Rustan, usai memantau pelaksanaan ujian.

Perlu diketahui, tes berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT ) ini telah dilaksanakan di IAIN Parepare sejak tahun 2015. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan dengan komputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda-beda.

“Ujian CBT ini kurang lebih sama dengan model ujian ketika UMPTKIN kemarin, aspek teknologinya juga kurang lebih sama hanya yang membedakan untuk soalnya itu dikembangkan sendiri di internal IAIN Parepare,” jelas Sufyaldy, Kepala TIPD IAIN Parepare.

Salah satu peserta, Ramadhani saat ditemui usai mengikuti ujian mengaku berharap dapat lulus di IAIN Parepare. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda