Perkuat Layanan Muzakki, Baznas Enrekang Ciptakan Inovasi

Baharuddin
Wakil ketua 1 bidang pengumpulan Baznas Enrekang, Baharuddin, SE, MM.

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang terus memperkuat layanan Muzakki (ASN) dengan terobosan baru yang lebih efektif dan efisien, yang terbaru adalah pelayanan secara digital melalui aplikasi.

Hal tersebut di ungkapkan Wakil Ketua Baznas Enrekang Bidang Pengumpulan, di kantornya saat menguji secara acak ASN yang datanya sudah terinput dalam aplikasi, Kamis (9/7/2020).

“Telah di uji coba, alhamdulillah cukup bagus dan praktis hanya dengan mengirim data diri, nomor telpon dan email masing-masing ASN, Layanan informasi digital kepada mereka yang berzakat melalui Baznas Enrekang. ASN bisa mendapat bukti setor zakat dan Nomor Pokok Wajib Zakat (NPWZ) secara digital serta sistem laporan untuk masing-masing ASN yang berzakat,” ungkap Baharuddin.

Bahar menjelaskan, Baznas menyiapkan sistem digital untuk melayani setiap bulan setelah zakat/infaq/sedekahnya terdebet ke rekening baznas Enrekang, maka operator secara otomatis mengirimkan doa keselamatan dan keberkahan kepada masing-masing ASN tiap bulan.

“Ya, mereka mendapat ucapan terimaksih dan doa dari Baznas,” katanya.

Saat ini, Baznas telah memiliki aplikasi yang bernama Muzaki Corner yang kemudian akan dikembangkan sehingga dapat diunduh oleh lebih banyak orang.

Baznas lanjutnya menyiapkan server dan sistemnya. Sistem itu terdiri atas sistem yang dibuat sendiri dan sistem yang disediakan vendor.

“Tadi saya coba test beberapa kadis, termasuk Kadis kebersihan dan lingkungan, Kadis Catatan Sipil, Alhamdulillah sudah 2 bulan ada SMS ucapan pemberitahuan dan doa katanya,” lanjut Baharuddin menjelaskan.

Memang tutur Baharuddin, tugas Baznas sebagai pelayan Muzakki dan Mustahik dengan sebaik-baiknya. Dalam rangka membangun trust kepada Muzakki.

“Ikhtiar kami ini tujuannya meningkatkan jumlah Muzakki dari masa ke masa, terbukti tren grafiknya sangat positif,” tutup alumni Pascasarjana Unismuh Makassar ini. (adv)

Reporter : Armin

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News