MGMP IPS-PT Telkom Gelar Pelatihan Soal Online dan Blog

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS se Kota Parepare, Sulawesi Selatan akan menggelar Workshop Pembuatan Soal Online dan Blog. Kegiatan ini kerjasama dengan PT Telkom Cabang Parepare.

Sofyan Alwi, Wakil Ketua Panitia Workshop Pembuatan Soal Online dan Blog mengatakan, pelatihan ini khusus untuk guru mata pelajaran IPS tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan MTs. Acara yang baru pertama kali diadakan di Parepare ini dijadwalkan pada Sabtu hingga Minggu (11-12) Maret 2017 di Aula Kantor Telkom, dekat Lapangan Andi Makkasau, Kota Parepare.

Menurut Sofyan, sekira 50 guru IPS se Kota Parepare akan diundang dalam kegiatan ini. “Mereka akan diberikan bimbingan soal online dan blog. Tujuannya untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar,” ujar guru IPS Geografi SMP 5 Lumpue, Kota Parepare ini.

Sofyan menduga, salah satu variabel kurangnya minat siswa dalam proses pembelajaran disebabkan pengaruh teknologi informasi yang canggih seperti kehadiran ponsel cerdas berbasis Android. Sebagian siswa, lanjut Sofyan, lebih memilih membuka aplikasi sosial medianya ketimbang membuka buku mata pelajaran sekolah.

“Selama ini, siswa dilarang membawa handphone ke sekolah. Tetapi masih ada saja yang bawa handphonenya. Terutama ponsel cerdas berbasis Android. Nah, kenapa kita tidak manfaatkan saja penggunaan teknologi tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan minat guru dan siswa dalam proses belajar mengajar,” ujar Sofyan kepada Pijarnews yang ditemui di rumahnya di Lapadde, Jumat 3 Maret 2017.

Alumni Universitas Negeri Makassar ini melanjutkan, sangat penting bagi guru saat ini untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Sebab jika tidak, sambung guru berprestasi versi Pemkot Parepare 2014, pengajar akan ketinggalan bila menggunakan metode lama.

“Dalam kegiatan MGMP ini, guru IPS yang hadir akan dilatih memanfaatkan teknologi informasi. Karena itu, diharapkan agar peserta membawa peralatan seperti laptop dan smartphone berbasis android,” pungkas guru penyandang gelar Sarjana Hukum Amsir dan Magister Hukum Universitas Muslim Indonesia ini. (mul/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News