Mau Kerja di Bank Syariah? Ini Bocoran Strategi Kepala Cabang Bank Muamalat saat Jadi Dosen Tamu di IAIN Parepare

Perbankan Syariah
Kepala Cabang Bank Muamalat Parepare, Rahmat Ali (tengah pakai dasi) foto bersama dosen dan mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah IAIN Parepare usai jadi dosen tamu.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Persaingan memasuki dunia kerja saat ini cukup ketat. Calon karyawan harus melalui berbagai tahap ujian yang disiapkan manajemen perusahaan, seperti perusahaan perbankan. Kini, perbankan sangat selektif dalam menerima karyawan baru.

Menyikapi hal tersebut, untuk mempersiapkan bekal sejak dini memasuki dunia kerja, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare kelas Analisis Laporan Keuangan Perbankan Syariah menggelar kuliah tamu. Kuliah tamu diinisiasi dosen IAIN, Muhlis, ME ini berlangsung di ruang seminar Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, Kampus IAIN Parepare, Senin 30 April 2018 lalu.

Tema kuliah umum kali ini yakni Basic Skill Persiapan Dini Memasuki Dunia Kerja Perbankan Syariah. Kuliah umum ini menghadirkan Rahmat Ali, Kepala Cabang Bank Muamalat Parepare. Acara ini dihadiri Penanggungjawab Prodi Perbankan Syariah IAIN Parepare, Dr Muhammad Kamal Subair M.Ag.
 

Kepala Cabang Bank Muamalat, Rahmat  Ali yang merupakan lulusan Universitas Hasanuddin Makassar menyampaikan, persaingan mendapat pekerjaan di bank bukan hanya datang dari sesama jurusan misalnya Perbankan, Akuntansi, dan Ekonomi. Tetapi juga datang dari jurusan lain, seperti Pertanian, Peternakan, dan Tekhnik. Lulusan dari jurusan tersebut, lanjut Rahmat, cukup antusias juga mendaftar di perusahaan perbankan. “Perbankan saat ini lebih selektif menerima karyawan dengan mengutamakan kualitas sumber daya manusianya,” ujar Rahmat.

Untuk menembus penerimaan karyawan di Perbankan Syariah, ungkap Rahmat, tidak cukup hanya memiliki penguasaan teori tentang perbankan syariah atau hanya mengandalkan Index Prestasi Kumulatif (IPK) yang tinggi.

“Calon karyawan juga harus memiliki soft skill lainnya seperti kemampuan berbahasa Inggris dengan skor TOEFL yang memenuhi syarat. Selain itu, harus lulus psikotes, memiliki cara komunikasi yang bagus dan masih banyak hal lain yang perlu dikuasai,” tandas Rahmat.

Muhlis, dosen Perbankan Syariah IAIN Parepare kepada Pijarnews.com, Rabu 2 Mei 2018 mengatakan, kehadiran dosen tamu dari praktisi perbankan ini disambut antusias para mahasiswa.

Muhlis mengatakan, sebagian mahasiswa penasaran dan bahkan ada yang kaget dengan berbagai kesiapan yang harus dimiliki untuk lolos seleksi menembus kerja di perbankan.

Muhlis berupaya mengintensifkan kerjasama dengan berbagai lembaga untuk menghadirkan praktisi perbankan dalam berbagi ilmu dan pengalaman. Ini penting lanjut Muhlis, guna menambah bekal dalam mengakomodir serta mempersiapkan lulusan mahasiswa IAIN Parepare memasuki dunia kerja.

“Harapan perusahaan, tentunya mendapat karyawan yang berkualitas, berwawasan luas dan memiliki mental kuat menghadapi tantangan dalam bekerja,” ujar Muhlis.

Ironinya, lanjut Muhlis, semakin sempit kesempatan kerja, kian banyak pula lulusan baru yang dicetak Perguruan Tinggi.

“Tantangan dunia global pun semakin kompleks dengan mulai masuknya pekerja asing di negara kita. Karena itu, mahasiswa Indonesia harus dibekali pengetahuan dan keterampilan sebelum memasuki dunia kerja,” tutup Muhlis. (alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News