Humas Harus Tampil Melawan Hoax

 

BANTEN, PIJARNEWS.COM–Kepala sub bagian kehumasan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se Indonesia berkumpul mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) kehumasan di Hotel Aviary Kota Tanggerang Selatan Provinsi Banten, Kamis, 16 Mei 2019.

Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama merupakan kegiatan kali pertama digelar dengan Kehumasan PTKN. Dalam sambutannya, Pelaksana Harian (Plh.) Inspektur Jenderal, Rojikin mengatakan pelibatan kehumasan PTKN sangat penting dilakukan dalam upaya membangun citra dan reputasi positif kelembagaan.

“Dalam era milenial ini, pemberitaan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. Pada umumnya, masyarakat memperoleh informasi, pengetahuan dan memberikan penilaian berdasarkan dari berita yang diperolehnya. Pemberitaan menjadi kunci dalam membangun image lembaga. Jika masyarakat lebih sering disuguhkan pemberitaan yang postif, maka akan menciptakan image positif dan meningkatkan kepercayaan masyarakat,” papar Rojikin.

Di sinilah peranan humas, lanjutnya, humas merupakan corong lembaga untuk memberikan pemberitaan yang positif kepada masyarakat. Kegiatan, pelayanan, prestasi dan keunggulan yang dimiliki lembaga harus diberitakan kepada khalayak umum agar masyarakat bisa mengetahui, mengerti dan memahami informasi tersebut. Keberadaan humas dalam lingkungan PTKN diharapkan mampu membangun image positif pada satuan tenaga kerja masing-masing dan kementerian agama secara umum.

Selain pemberitaan internal kelembagaan, humas dalam lingkup kemenag juga memiliki peranan eksternal. Menurutnya, pada era digital ini, media sosial banyak digunakan untuk menyampaikan berita hoax dan ujaran kebencian. Humas harus tampil melawan hoax dan berita kebencian dengan memberikan berita-berita pencerahan kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan peran vital humas PTKN, Plh. Irjen, Rojikin berjanji akan mendukung dan mengafirmasi anggaran kehumasan PTKN.

“Kita akan mendorong masing-masing PTKN agar mengalokasikan anggaran yang lebih kepada bidang kehumasan. Pengalokasian anggaran yang cukup, akan memastikan peningkatan kinerja pada bidang kehumasan,” ujarnya.

Kasubag Kerjasama dan Humas IAIN Parepare, Suherman Syach yang mengikuti kegiatan ini mengkonfirmasi jika Rakor yang diikutinya memberikan manfaat yang besar sebagai pelaksana humas di kampus.

“Selain meningkatkan pengetahuan dan wawasan kehumasan, forum ini menjadi ajang silaturahmi dengan pelaksana humas PTKN se Indonesia. Tentu saja, perkenalan dengan mereka akan menjadi jaringan kerja sama yang akan bermanfaat dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab kami,” terangnya.

Rakor kehumasan bidang pengawasan ini diikuti seluruh Kasubag humas PTKN se Indonesia yang berjumlah 72 orang. Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, yatu tanggal 16-19 Mei 2019.(*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda