Diseminasi Hasil Riset, UM Parepare Gandeng STIP Muhammadiyah Sinjai

 

SINJAI, PIJARNEWS.COM–Universitas Muhammadiyah Parepare lakukan diseminasi hasil riset salah satu penelitian multi tahun dengan menjalin kerja sama mitra yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Sinjai, Kamis,16 Mei 2019.

Diseminasi yang dilakukan yaitu Seminar Hasil Penelitian dengan tema Peran Kelembagaan dalam Peningkatan Produksi Kopi di Kabupaten Sinjai. Narasumber dalam seminar ini adalah Dr. Andi Nuddin, M.Si. Dr. Nurhapsa, M.Si. dan Suherman, SP., MP.

Wakil Ketua 1 STIP Muhammadiyah Parepare, menyampaikan bahwa kolaborasi diseminasi asil riset adalah keberlanjutan MoU yang telah disepakati bersama antara Ketua STIP Muhammadiyah Sinjai dengan Ketua LPPM.

“MoU kami adalah terkait tri dharma perguruan tinggi dan salah satunya tentu terkait dengan penelitian,” papar Wakil Ketua 1 Bidang Akademik, Ridha Alamsyah, S.IP.,M.Si.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua BPH STIP Muhammadiyah Parepare. Dalam pembukaannya, BPH menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting karena Sinjai sudah dikenal dengan kopi borong dan kopi manipi.

Seminar ini merupakan pemaparan dari hasil riset tahun pertama yang dilakukan di empat kabupaten dan salah satunya adalah Kabupaten Sinjai sebagai bagian lokasi penelitian.

Dr. Nurhapsa selaku kordinator penelitian menyampaikan bahwa Kabupaten Sinjai perlu memperhatikan komoditi kopi agar lebih dikenal dunia.

Dr. Andi Nuddin mempresentasikan dalam seminar ini, untuk dapat meningkatkan produksi kopi maka lembaga-lembaga yang ada perlu berperan untuk menciptakan kelembagaan yang optimis.

“Diharapkan dengan informasi ini, maka peran lembaga dapat berkordinasi sesuai tugas dan fungsinya” ujar Dr. Andi Nuddin.

Ridha Alamsyah, S.IP.,M.Si.menyebut jika peserta seminar ini terdiri dari civitas akademik, perwakilan dari dinas dan pedagang terkait yang dapat berkontribusi dalam peningkatan produksi kopi di Sinjai. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda