Aliran Listrik Disegel, Puluhan Jenis Vaksin Milik Dinkes Parepare Rusak

Vaksin
Salah seorang petugas Dinkes Kota Parepare, menunjukkan vaksin yang disimpan di lemari pendingin

PAREPARE, PIJARENEWS.COM — Puluhan jenis vaksin serta obat-obatan milik Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kota Parepare, rusak berat yang disebabkan tempat pendingin vaksin serta obat-obatan itu tidak berfungsi.

Puluhan jenis vaksin serta obat-obatan yang tersimpan di ruang penyimpanan gudang farmasi milik Dinkes Kota Parepare ini rusak, lantaran kotak khusus pendingin obat-obatan tidak mendapatkan aliran listrik karena meter Kilo Watt Hour (KWh) listrik milik Pemerintah daerah Kota Parepare ini, tersegel dan tidak mendapatkan aliran listrik dari PLN.

Informasi yang diperoleh Pijarnews, penyegelan meter KWh tersebut dilakukan oleh pihak PLN Cabang Parepare, lantaran rekening listrik atas nama Dinkes Kota Parepare, sudah menunggak selama dua bulan, namun hingga kini, pihak terkait belum memberikan tindakan apapun, akibatnya Dinkes Kota Parepare, ditaksir mengalami kerugian hingga Miliaran Rupiah atas rusaknya puluhan jenis vaksin serta obat-obatan itu.

Saat dikonfirmasi, pihak pengelola imunisasi Dinkes Kota Parepare, Muliadi menjelaskan, dirinya tidak mengetahui jika KWh milik kantor Dinkes Kota Parepare disegel oleh pihak PLN Cabang Parepare, namun dia menyayangkan banyaknya kerugian yang dialami oleh pihak Dinkes karena puluhan jenis vaksin serta obat-obatan itu rusak berat.

“Yang kami tahu bahwa, ada banyak obat serta vaksin yang rusak, hal ini diakibatkan jenis vaksin dan obat ini memang membutuhkan lemari pendingin yang suhunya sudah diatur sesuai kententuan, dan membuthkan tenaga listrik,” tutupnya.

Reporter: Amiruddin Pujo

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda