Tak Ada Lagi “Gambar Gratis” di Google Image.

CEO Google Sundar Pichai
CEO Google Sundar Pichai (foto: int).

PIJARNEWS.COM — Awal bulan Februari, Google dan perusahaan Getty Images, Inc mengumumkan kesepakatan lisensi yang memungkinkan gambar Getty di Google Image. Sebagai hasil dari kesepakatan ini, Google setuju untuk membuat beberapa perubahan mendasar pada Gambar dalam upaya mengurangi pembajakan, dan yang pertama telah diluncurkan hari ini, Jumat, (15/2/2018).

Sebagaimana diberitakan oleh 9to5google.com, Kesepakatan ini mencakup penghapusan tombol “gambar-gambar” di samping hasil di Google Image yang akan mengarahkan pengguna langsung ke alamat website foto tersebut. Sampai hari ini, tombol ini sudah ditiadakan.

Getty percaya bahwa tombol “tampilan gambar” ini menyebabkan banyaknya terjadi pembajakan konten yang berhak-cipta – termasuk milik perusahaan Getty sendiri. Bagi pengguna yang ingin mendownload gambar gratis secara sah dari web Google Image, penghapusan tombol ini mungkin kurang nyaman lagi.

Gambar: Twitter resmi Google Search

Meskipun, ada cara mudah untuk mengatasi hal ini, yang bisa jadi pengguna awam pun mungkin menyadari hal ini. Jika Anda klik kanan gambar di Gambar Google, Anda dapat memilih “Copy Image Address” di Chrome (atau tombol yang serupa di browser lain), yang kemudian dapat Anda tempel (paste) ke adress bar untuk membuka halaman yang sama fungsinya dengan “view image” sebelumnya.

Meskipun hal ini mungkin kurang baik bagi pengguna yang ingin mendownload (atau mengambil secara tak sah, tergantung niat dan alasan pengguna) gambar dari website tertentu, hal yang penting adalah untuk mendorong para pengguna untuk mengunjungi website secara langsung , tempat dimana gambar tersebut didapatkan dan dimana informasi hak cipta gambar tersebut tersedia secara lengkap.

Ini mungkin adalah perubahan yang baik bagi fotografer, penerbit, dan perusahaan Google dan Getty Image. (adl/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda