Pemudik Naik Kapal Laut Melonjak di Pelabuhan Parepare

Suasana penumpang naik kapal laut di Pelabuhan Nusantara Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Tingginya harga tiket pesawat beberapa pekan terkahir, menyebabkan pengguna jasa transportasi laut melonjak hingga 4,5 persen. Hal itu terlihat kepadatan penumpang di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Sulawesi Selatan pada Sabtu (15/6/2019).

Sejak memasuki arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri tahun 2019 ini, kepadatan penumpang terus terjadi di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare. Kepadatan ini dipicu tingginya harga tiket pesawat.

Pemudik yang mayoritas berasal dari Pulau Kalimantan memilih menggunakan transportasi laut lantaran tiket murah serta dapat mengangkut barang lebih banyak.

Berdasarkan data perbandingan realisasi penumpang angkutan laut lebaran tahun 2018 dengan angkutan laut lebaran tahun 2019. Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Parepare mencatat hingga memasuki H+7 untuk lebaran tahun 2019 data sementara akumulasi naik 19, 476 dan akumulasi penumpang turun 38,809 jiwa.

Sedangkan untuk tahun 2018 akumulasi penumpang naik 18,397 dan untuk akumulasi penumpang turun 34,991 jiwa.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Parepare, Dahlan Muhseng Gaffar menjelaskan, untuk tahun ini pihaknya telah memprediksi jika pada pelaksanaan arus mudik lebaran 1440 hijriyah mengalami lonjakan penumpang.

“Untuk tahun ini memang diprediksi ada peningkatan penumpang hingga 4,80 persen dibanding tahun sebelumnya, dipicu harga tiket pesawat mengalami kenaikan,” kata Dahlan.

Pantauan PIJARNEWS, lonjakan penumpang yang menggunakan jasa transportasi laut juga mempengaruhi penjualan tiket kapal laut di Kota Parepare ludes terjual. Seperti yang dirasakan sejumlah travel resmi yang menjual tiket kapal laut sejak dua hari pasca Idul Fitri 1440 hijriyah, tiket kapal laut telah full boking. (amr/alf) 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda