Opini: Realitas dan Idealitas, Pemimpin yang Diinginkan Masyarakat

Oleh Muh Nasir Dollo
(Akademisi, Ketua Kopera Parepare)

Sejarah mengukir, realitas yang tak mungkin diingkari, entah kita suka ataukah benci, rela ataukah menafikkan, yang jelas siapapun petahana itu pasti tangguh, karena didukung minimal 4 faktor : Kekuasaan, Keuangan, Kekerabatan, dan komunikasi yg mudah dan lancar.

Sekalipun petahana itu tangguh, tetapi elektabilitas petahana itu dapat saja menukik kebawah atau jatuh, karena diterpa isu negatif yang sangat sensitif atau perilaku yang bertentangan nilai-nilai sosial dimasyarakat.

Pesaing harus berjuang ekstra ketat utk menaklukkan petahana dalam pertarungan, dan hal tersebut minimal didukung 4 faktor :

Tingkat KETOKOHAN figur pesaing mutlak MEMBUMI dimasyarakat dan memilki nilai lebih dibandingkan dgn petahana, minimal mengimbangi atau dikenal dimasyarakat sebagai figur yang baik dan layak untuk menjadi pemimpin.

TIM pesaing harus merapat dan menguasai diakar rumput masyarakat sampai level komunitas yg paling bawah secara merata/menyeluruh. Tentunya dlm hal ini, tim tsb harus memilki nilai tersendiri dimata masyarakat.

TIM pesaing harus terorganisir dgn baik, pola kerjanya terukur, konsisten, kontinuitas dan pendekatan yg digunakan terhadap masyarakat adalah pendekatan kejiwaan, keseimbangan dan kesetaraan dan rasionalitas.

PROGRAM pesaing yg diusung harus mampu dibaca, dipahami, dirasakan dan bersentuhan langsung dgn kepentingan masyarakat. Jadi PROGRAM itu konkrit dan realistis, bukan mengambang diawan. Sepatutnya isu progam yg diangkat kepermukaan publik adalah program yg luput atau terabaikan oleh petahana, padahal program itu sangat dibutuhkan atau sesuai dengan kepentingan masyarakat contohnya pelayanan yang cepat, mudah dan murah atau gratis. ***

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News
About Ibrah La Iman 1305 Articles