Forum Pengembang Ajatappareng

OPINI: Hujan dan Berkah Tuhan

Oleh : Muhammad Tariq (Pegiat Literasi)

OPINI — Musim telah berganti dari musim kemarau hingga musim hujan tepatnya pada bulan Januari. Dan saat ini pada awal tahun bisa dikatakan puncak derasnya hujan turun di beberapa daerah tertentu baik daerah pesisir, daratan rendah, hingga daerah pegunungan dan itu sudah ditentukan oleh Allah SWT dalam proses turunnya hujan.

Hujan adalah suatu berkah yang diturunkan oleh Allah SWT melalui proses atau siklus yang panjang dan manfaatnya begitu banyak untuk bumi serta mahluk hidup di dalamnya, bagaimana tidak dengan hujan tanah menjadi subur dan pepohonan kembali menghijau dan tumbuh sehat serta menghasilkan buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi oleh binatang dan manusia.

Selain itu banyak pekerjaan yang terlaksana dikarenakan hujan, contohnya saja para petani baik dari sektor persawahan, perkebunan dan lain-lain yang berkaitan dengan air hujan dalam bidang pekerjaan tertentu. Namun di sisi lain banyak juga diresahkan oleh air hujan jika itu terjadi turun dalam jangka beberapa hari karena bisa menyebabkan penyakit dan bencana.

Sehingga dampak dari terjadinya hujan turun melemahnya daya fisik yang akan menimbulkan kesehatan terganggu dan munculnya berbagai penyakit. Selain itu hujan yang jangka panjang akan mengakibatkan banjir pada wilayah daratan rendah dan longsor pada daerah pegunungan.

Kalau kita menelisik ayat suci Alquran, beberapa ayat penulis temui tentang air hujan yang merupakan rezeki dan rahmat bagi kaum yang berfikir dan beriman salah satunya dalam QS. Al-An’aam ayat : 99 “Dan Dialah yang menurunkan air “hujan” dari langit lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak”. Dari  potongan ayat ini kita bisa maknai kalau air hujan itu adalah proses kehidupan dan sumber kehidupan.

Penulis teringat dari salah seorang filsuf Yunani Thales yang mengatakan “segala sesuatu itu berasal dari air” . Kalau kita berpikir secara rasional dan mendasar, pernyataan itu betul adanya karena dimana-mana makhluk  hidup pasti membutuhkan air (hujan) dan hampir semua benda membutuhkan unsur air dari keberadaanya di dunia ini.

Oleh karena itu, mari kita bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan berupa air (hujan) dan terus berdoa agar kita dilindungi dari marabahaya dan semoga diawal tahun 2020 ini pada bulan Januari menjadi berkah segala aktivitas yang kita lakukan pada tahun 2020. (*)

Penulis: Muhammad Tariq

Tulisan opini yang dipublikasikan di media online ini menjadi tanggung jawab penulis secara pribadi. PIJARNEWS.COM tidak bertanggung jawab atas persoalan hukum yang muncul atas tulisan yang dipublikasikan.

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News