Mahasiswi IAIN Parepare Menangkan Kompetisi Duta GenRe Sulsel 2018

Mahasiswi IAIN Parepare Menangkan Kompetisi Duta GenRe Sulsel 2018

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Mahasiswi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, Primadita Nanda Ayarida, umur 21 tahun adalah seorang mahasiswi berprestasi yang hobi membaca dan menulis. Dia juga senang travelling.

Dalam perjalanannya di dunia pendidikan, Primadita Nanda Ayarida pernah menjadi mahasiswi teladan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam di tahun 2016, selanjutnya di tahun 2017 diakui sebagai mahasiswi Inspiratif Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam. Tidak hanya itu, ternyata gadis ini pernah mewakili Indonesia ke ajang Pertukaran Budaya di Thailand tahun 2018 lalu, dan terakhir menjadi Duta Anak Sulawesi Selatan.

Mahasiswi yang sementara duduk di bangku perkuliahan semester enam Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Perbankan Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare ini berhasil lolos sebagai Juara Satu Duta Generasi Berencana (GenRe) Sulsel 2018 perwakilan putri Jalur Pendidikan yang di umumkan di malam Grand Final GenRe lalu di Hotel Malebu Makassar, Senin, 28 Mei 2018.

Pemilihan Duta GenRe 2018 yang diadakan BKKBN Sulawesi Selatan merupakan ajang bagi putra-putri terbaik untuk menyalurkan pentingnya keluarga dan generasi berencana untuk kelangsungan hidup manusia nantinya.  Dalam kegiatan tersebut peserta terbagi dalam dua jalur di antaranya, peserta Jalur Pendidikan sebanyak 59 peserta (putra dan putri), sedang peserta Jalur Masyarakat sebanyak 28 (putra dan putri).

BACA JUGA:
Idrus Marham Beri Bantuan Korban Kebakaran di Pinrang

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari. Hari pertama diperwakilan BKKBN Provinsi, berlangsung seleksi tes tertulis yang di dalamnya uji Pemahaman Teoritis Terkait Kependudukan, KB, GenRe, Dan Program PIK-R Dan BKR, wawancara dan uji kemampuan leadership, kerja sama, problem solving dan mind mapping.

Selanjutnya di Hotel Grand Malebu Makassar, kegiatan Amazing Race yaitu para finalis ditempatkan pada public place untuk kampanye, sosialiasi, penyuluhan langsung kepada masyarakat Sekaligus pengumuman juara peserta yang masuk tiga besar.

Dengan senyum manis dia mengatakan bahwa sangat bersyukur melalui seluruh etape lomba. “Saya merasa ada sedikit tegang tapi juga sangat bahagia bisa mengharumkan Kota Parepare. Saya juga sangat senang bisa menjadi bagian dari Duta GenRe Sulsel apalagi bisa memenangkan kompetisi ini,” tuturnya.

Ia berharap semoga ini menjadi pelajaran atau motivasi untuk terus belajar bagi dia dan teman-teman kampusnya.

“Semoga ke depannya saya bisa tetap maju, bisa membawa prestasi ke tingkat nasional dan terus menjalankan amanah dan program- program serta mengabdi untuk Sulawesi Selatan terkhusus untuk Forum GenRe Sulsel,” tutupnya.

Selanjutnya hasil dari Grand Final Duta GenRe Sulsel 2018 akan diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada 28 Juni mendatang. (*)

 

Reporter: Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda