Longsor, Satu Rumah Warga Rusak di Parepare

Salah satu rumah rusak akibat longsor di Batang Rappe, Parepare. --sam/pijarnews--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Hujan yang melanda Kota Parepare, Sulawesi Selatan mulai Rabu malam hingga Kamis pagi, menyebabkan satu rumah warga rusak dan nyaris jatuh akibat longsor. Selain itu, satu rumah warga lainnya terkena meterial tanah dan batu.

Peristiwa longsor ini terjadi di RT 05, Batang Pappe, Kelurahan Tiro Sompe, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Sulawesi Selatan.

“Hujan yang terjadi mulai malam hingga pagi hari mengakibatkan pondasi rumah warga milik Jufri lonsor, dan menimpa rumah warga bernama Ayub. “ ujar Ketua RW Tiro Sompe, Muslimin di lokasi bencana, Kamis (11/1).

Ayub, warga yang rumahnya tertimpa material tanah dan bebatuan, mengaku saat kejadian dirinya tertidur lelap. Sontak saat kejadian Ayub kaget dan keluar rumah. Tidak hanya ratu dan tanah, pondasi serta bak WC milik Jufri juga menimpa rumah Ayub.

“Saat kejadian, terdengar suara gemuruh akibat material tanah dan batu, serta Seftick Tank (WC) milik Jufri menimpa atap rumah saya,”  kata Ayub.

Lurah Kelurahan Tiro Sompe, Aswin, segera melakukan pendataan terhadap dampak longsor yang mengakibatkan pondasi rumah warga sepanjang 15 meter dengan tinggi 4 meter rubuh.

“Kita telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti BPBD dan Tagana, dan kami telah melakukan pencatatan dan segera dilakukan penanganan. Untuk sementara, tanah lonsor itu ditutup pakai terpal agat tidak digerus air hujan,“ tandas Aswin. (sam)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda