Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rakor Evaluasi Pelaksanaan Anggaran TA 2020

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto bersama Jajaran Kepala Divisi, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Kementerian Hukum dan HAM Tahun Anggaran 2020 via daring, Rakor dipimpin langsung Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Yasonna H. Laoly, Jumat (24/07).

Menteri Hukum dan HAM RI mengintruksikan Kepada jajarannya agar segera melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan dan penyerapan anggaran. “Kita harus tetap aktif dan produktif berkinerja, manfaatkan dan kedepankan teknologi informasi sebagai alat kerja kita ditengah pandemi ini,” kata Yasonna.

Yasonna berpesan agar seluruh jajaran memprioritaskan pencairan anggaran terhadap kegiatan-kegiatan yang berdampak pada masyarakat secara luas. “Misalnya pemberian bantuan hukum, pembayaran bahan makanan narapidana, dan sebagainya,” Lanjut Yasonna di Graha Pengayoman.

Menteri juga meminta pengadaan barang dan jasa dilakukan transparan dan akuntabel, dengan mengoptimalkan pemanfaatan pelelangan secara elektronik melalui Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE).

“Dan ingat, jangan coba-coba bermain-main dengan proses pengadaan barang dan jasa! Laksanakan sesuai aturan yang berlaku,” tegasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto mengatakan saat ini realisasi anggaran Kemenkumham per 22 Juli 2020 telah mencapai 44,32 persen.

“Penyerapan belanja pegawai 51,88 persen, belanja barang 39,41 persen, dan belanja modal 14,59 persen,” ujar Bambang.

Rendahnya realisasi belanja modal ini, kata Bambang, dipengaruhi oleh beberapa faktor. “Pada belanja modal dengan sumber dana PNBP, dikarenakan adanya pandemi COVID-19, perolehan PNBP di Kemenkumham khususnya Ditjen Imigrasi mengalami penurunan yang cukup signifikan sehingga target tidak tercapai,” ujar Bambang.

“Hal ini menyebabkan pekerjaan yang seharusnya dilaksanakan tertunda karena dana yang bersumber dari PNBP belum tersedia,” tambahnya.

Dalam Rapat tersebut, Sekretaris Jenderal Kemenkumham juga menyampaikan terkait Realisasi Anggaran Kantor Wilayah Tahun 2020. Kanwil Sulsel sendiri menempati posisi keenam dalam realisasi anggaran dengan nilai 53,17 Persen dan Nilai Indikator Kinerja pelaksanaan anggaran Menempati posisi kedua dengan total capaian sebesar 92.39 .

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News