Ini Manfaat Pembelajaran Virtual di Tengah Pandemi Covid-19

Virtual
Dr Riyadi, pemateri pembelajaran virtual--duduk pada bagian tengah--foto bersama Dekan Fakshi Dr Rusdaya Basri dan sejumlah pejabat Fakshi serta Ketua Panitia Workshop, Dr Suarning-- pakai batik merah. --Foto : Alfiansyah Anwar/Pijarnews--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sosialisasi dan praktik Learning Management Systems (LMS) untuk kegiatan pembelajaran secara individu dan virtual sukses dilaksanakan di ruang pertemuan Perpusatakaan Lantai 5 IAIN Parepare, Kamis (2/10).

Tampil sebagai pemateri yakni Dr Riyadi, Dosen Universitas Brawijaya Malang dengan moderator Dr Syafaat Anugrah, Dosen Fakshi IAIN Parepare. Ada sekira 50 peserta yang terdiri dari Dosen Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) IAIN Parepare. Selain dosen Fakshi, ada pula dosen dari sejumlah perguruan tinggi di Parepare. Tak hanya itu, sejumlah mahasiswa juga hadir dalam workshop yang akan digelar selama tiga hari tersebut.

Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi), Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M. Ag, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemateri dan panitia pelaksana atas terlaksananya kegiatan workshop pembelajaran virtual itu. Rusdaya mengharapkan kegiatan ini bisa diterapkan dengan baik oleh dosen dan mahasiswa.

Dr Riyadi, pemateri workshop pembelajaran virtual ini mengatakan, metode virtul itu memudahkan proses pembelajaran, khususnya di masa pandemi Covid-19. Tentunya tanpa bermaksud menggantikan kelas konvensional, atau tatap muka di ruang kelas. Sejumlah manfaat pun didapatkan dari system tersebut.

Kasus Covid-19 yang belum melandai tidak menyurutkan semangat para civitas akademik untuk melakukan proses pembelajaran daring. Para civitas akademik sangat terbantu dengan adanya LMS dengan sejumlah fitur yang memudahkan pengaplikasiannya.

Aplikasi pembelajaran tersebut mulai diterapkan Riyadi dan kawan-kawannya saat mengikuti konferensi di Jakarta tentang electronic learning dan blended learning. Program tersebut dinamakan model sebagai  Learning Management Systems (LMS).

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News