Dosen IAIN Parepare Jadi Pemateri Seminar Internasional, Panel Bareng Guru Besar

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Syafa’at Anugrah kembali mengharumkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare, Sulawesi Selatan.

Itu setelah doktor ilmu hukum Universitas Hasanuddin Makassar ini lolos sebagai pemakalah dalam Seminar Internasional Berbahasa Indonesia dan Musyawarah Forum Dewan Guru Besar Indonesia. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Universitas Islam Riau secara daring, baru-baru ini.

Syafa’at merupakan satu-satunya pemakalah dalam kluster tersebut yang berasal dari Sulawesi dan menjadi pemakalah termuda (27 tahun) dalam Seminar Internasional tersebut. Hingga salah seorang pemakalah mengaku “malu” karena dia sudah berusia 53 tahun tetapi belum meraih gelar doktor.

Adapun judul artikel yang dipaparkan yaitu “Pemenuhan Parameter Lingkungan Hidup Sebagai Persyaratan Dasar Kapasitas Daerah dalam Pemekaran Daerah”.

Doktor Hukum Tata Negara IAIN Parepare ini panel dengan beberapa Guru Besar diantaranya Prof. Eman Suherman (Ketua Komisi Yudisial Republik Indonesia 2010-2013).

Dalam hasil penelitiannya, lingkungan hidup seharusnya menjadi pertimbangan utama dalam pemenuhan persyaratan dasar dalam membentuk sebuah daerah otonomi baru.

Sehingga, hasil penelitian ini menjadi sebuah konsep atau novelty yang bisa menjadi rujukan bagi pemerintah dalam pengambilan kebijakan, khususnya di bidang pemerintahan daerah terkhusus pemekaran sebuah daerah. (*)

Penulis : Rush Pikahulan
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News