Dinas Perpustakaan Kaltim Tertarik Program Inovasi Sentuh Pustaka Makassar

 

 

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Kepala Bidang Layanan dan Kerja Sama Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Taufik, bersama kepala seksi dan pustakawannya berkunjung ke Perpustakaan SMP Negeri 6 Makassar untuk melihat langsung dan menerima penjelasan hasil dari program Inovasi Dinas Perpustakaan Makassar yakni Sentuh Pustaka, Kamis, 20 Juni 2019.

“Sentuh Pustaka” adalah program dengan pendekatan kreatif yang dapat meyakinkan pihak sekolah dan konsepnya akan direplikasi untuk dilakukan di Kalimantan Timur karena masalah pembinaan Perpustakaan khususnya Perpustakaan Sekolah kasusnya hampir sama,” ungkap Taufik kepada perwakilan Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang mendampingi, Andika Cahyadi (Kasi Pengembangan Perpustakaan), Andi Taufik (Kasi Layanan dan Kerjasama) dan Tulus Wulan Juni (Pustakawan).

Sentuh Pustaka atau singkatan dari “Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan” adalah program kolaborasi empat unsur yakni dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar selaku Tim Pembina Perpustakaan Sekolah. Mitra Kerja dalam ini penerbit dan yang lain, Kelompok Kerja Pustakawan dan Pegiat Literasi Sulsel selaku tim pendukung dan pihak sekolah selaku penerima program. Kolaborasi ini dibuat sebagai bentuk komitmen dan kepedulian bersama untuk menghidupkan kembali peran perpustakaan di sekolah.

Sebanyak 10 sekolah SD dan SMP di Kota Makassar telah merasakan dampak dari program ini dan perpustakaannya telah tertata dan dikelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Output dari program ini, selain perpustakaan berfungsi kembali sebagai sarana sumber belajar siswa, guru dan tenaga kependidikan, erpustakaan pun telah siap mengikuti Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Beberapa sekolah pun antre dan meminta agar sekolahnya pun cepat disentuh. (rls/dmh)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda