White House Kediaman Makkarumpa Dg. Parani Disiapkan Menjadi Creative Hub

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Menyambut Ramadhan di Kota Parepare – Ajatappareng menjadi berbeda setelah disetujuinya pengadaan kantor layanan program Dompet Dhuafa (DD) dan akan soft launching pada Sabtu 4 Mei 2019. Tempat yang sekaligus akan berfungsi menjadi Creative Hub (pusat kreatif).

Lokasinya bertempat di White House, Jl. Dg. Parani No. 1 di pusat Kota Parepare. Rumah kediaman keluarga Makkarumpa Dg. Parani, seorang pejuang kemerdekaan yang menjadi korban 40ribu jiwa dan selanjutnya memiliki anak yakni Andi Mannaungi, Walikota Pertama Parepare. Rumah yang juga menjadi salah satu pusat gerakan di masa lampau dan titik awal perubahan-perubahan di Parepare.

“Keberadaan Creative Hub di sebuah daerah sedikit banyak sangat bisa mendorong aktivitas pengembangan sumber daya manusia untuk berkarya dan saling bekerjasama dengan kreatif di berbagai bidang,” jelas Syahrani Said, person in charge Dompet Dhuafa Parepare – Ajatappareng.

Senada dengan itu Ibrah La Iman, penulis buku The Spirit of Parepare juga berkeyakinan, “pengembangan kehidupan sosial kultural yang baik akan bermuara pada munculnya kreativitas dengan kekayaan karya dan prestasi masyarakat yang berdampak langsung dalam kehidupan bersama. Selain itu akan mampu mempengaruhi perkembangan ekonomi kreatif suatu wilayah dan sekitarnya. Dan begitu juga sangat dapat mempengaruhi karakter dan kebiasaan hidup menuju civil society atau masyarakat madani,” terangnya.

Dalam rangka mewujudkan ruang yang kini populer disebut Creative Hub yang berfokus pada pembangunan jiwa dan raga kemanusiaan tersebut, beberapa penggerak komunitas di Parepare dan Ajatappareng bersepakat untuk saling kerjasama, khususnya dengan lembaga filantropi nasional Dompet Dhuafa yang bersedia untuk menjadi partner.

Dompet Dhuafa sendiri tak jauh dari historis keluarga Makkarumpa Dg. Parani, Andi Makmur Makka, anak bungsu pejuang nasional tersebut tercatat sebagai salah satu founder dan dewan pembina lembaga filantropi terbaik Indonesia tersebut. (rls/rdk)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda