Tips Hemat Bikin Pesta Tahun Baru, Yuk Coba…

PIJARNEWS.COM — Tahun baru kurang dari beberapa hari lagi dan momen ini adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang.

Tahun baru sangat penting karena dapat membantu Anda mengkoreksi kesalahan dan juga menyusun resolusi tahun baru. Tentunya untuk merayakan keberhasilan anda selama satu tahun, pesta meriah pantas diadakan.

Tidak berarti pesta tahun baru harus megah dan memakan biaya yang terlalu tinggi, dengan dana terbatas, Anda pun dapat mengadakan pesta tahun baru yang berkesan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk mengadakan pesta tahun baru dengan hemat.

1. Mulailah dari rumah

Rumah adalah lokasi pesta yang sangat terjangkau dan mudah, Anda tidak perlu menghabiskan dana untuk menyewa restoran atau taman.

Tidak berarti acara yang diadakan di rumah akan membosankan. Anda hanya perlu bermain dengan kreatifitas serta memastikan kenyamanan lokasi untuk tamu-tamu.

Jika ingin mengadakan pesta tahun baru di rumah, Anda mungkin menata kembali lokasi perabotan rumah tangga untuk memastikan ruang yang cukup luas.

Tentu saja kita tidak dapat mengatur kebersihan rumah pada saat pesta berlangsung. Lebih baik anda melapis meja, sofa, atau perabotan yang tidak terpakai, agar tidak kotor selama adanya pesta.

2. Undanglah teman terdekat

Salah satu kendala pengadaan pesta di rumah adalah area yang sempit, untuk mencegah ketidaknyamanan pada tamu, undanglah lingkaran sosial terdekat Anda. Selain mereka sudah saling kenal, pesta kecil berarti dana yang lebih sedikit dan anda berkesempatan untuk lebih dekat dengan teman-teman.

Penghematan juga dapat dilakukan melalui undangan yang anda sebarkan, manfaatkan sosial media atau undangan digital. Anda tidak perlu sengaja mengeluarkan dana untuk mencetak undangan dan juga mengundang secara digital akan lebih mudah dan cepat.

3. Tidak perlu dekorasi yang berlebihan

Dekorasi tidak harus mahal yang penting sesuai dengan tema, misalkan Anda mempunyai tema “Pesta Warna Warni” untuk pesta tahun baru di rumah. Anda dapat mendaur ulang seluruh barang-barang, mulai dari botol, piring kertas atau gelas kertas yang dicat dengan warna-warna mencolok.

Setelah itu, Anda pun dapat membeli balon warna warni untuk menghias ruangan atau membeli kertas karton warna warni yang digunting bermacam rupa. Dekorasi tidak berarti harus mahal, yang penting adalah selaras dengan tema dan tetap menarik.

Pesta pun tidak lepas dari properti pesta seperti terompet, kembang api, topi, atau petasan. Untuk menghemat biaya properti, Anda dapat membelinya dari sekarang atau membelinya di tempat-tempat grosir agar harganya lebih murah.

4. Tidak harus mengerjakan segalanya sendiri

Salah satu masalah utama yang mungkin Anda pikirkan ketika membuat keputusan mengadakan pesta tahun baru di rumah pasti kerepotan untuk mempersiapkan dan membereskannya. Padahal sebenarnya, Anda tidak perlu menolak bantuan yang ditawarkan oleh orang lain.

Selain menghemat biaya pekerja, Anda pun akan lebih santai dan tidak kerepotan. Bantuan dari tamu dapat meringankan pekerjaan Anda. Selain tenaga, mungkin tamu yang diundang juga akan menyumbangkan materi. Jangan ragu untuk menerimanya, hitung-hitung Anda mendapatkan dana tambahan untuk membuat pesta yang lebih meriah.

5. Lakukan potluck party

Potluck party adalah suatu jenis pesta di mana tamu-tamu yang datang, termasuk tuan rumah, akan menyediakan masakan berbeda-beda, yang kemudian dikumpulkan di lokasi pesta untuk dihidangkan dan dinikmati bersama. Ini adalah salah satu tipe pesta yang dapat Anda lakukan untuk tahun baru.

Jika memang tidak ingin mengadakan potluck party, anda pun dapat meminta tamu yang datang untuk membawa makanan minuman favorit mereka. Selain menghemat biaya, Anda pun tidak perlu kerepotan memikirkan konsumsi mereka pada saat pesta.

6. Kreatif adalah kunci

Hemat berarti mampu memanfaatkan apa yang telah Anda miliki, sehingga tidak perlu menghabiskan terlalu banyak dana.

Pesta yang berkesan tidak dipengaruhi dari jumlah dana yang dikeluarkan. Jika Anda dapat kreatif, pesta tahun baru tentunya akan menjadi seru dan bermakna.

Esensinya adalah menghabiskan detik-detik akhir tahun dengan keluarga dan teman dekat. (*)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda