Tilawah Al-Qur’an Bisa Menjaga Kesehatan Gigi Saat Berpuasa, Ini Penjelasannya

Al Qur'an
Ist.

PINRANG, PIJARNEWS.COM–Selain menggosok gigi dua kali sehari saat berpuasa, Tilawah Al-Qur’an juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan gigi saat berpuasa.

Hal tersebut disampaikan Drg. Bertha Yestiani, salah seorang dokter gigi asal Kabupaten Pinrang saat diwawancarai, Jumat (23/4/2021).

Eta demikian dia disapa, mengurai 9 tips mengatasi kesehatan gigi, salah satunya adalah Tilawah Al-Qur’an saat berpuasa.

Ia menjelaskan, saat membaca Al-Qur’an dengan bertilawah dapat mengaktifkan otot-otot lidah, bibir dan pipi. Dengan aktifnya otot tersebut maka kelenjar air liur akan lebih aktif mengalirkan air liur menuju roangga mulut.

Sementara itu Eta mengatakan air liur berfungsi untuk membersihkan gigi secara mekanis dan dapat menghilangkan kuman-kuman di mulut.

“Tidak hanya itu air liur juga mengandung protein dan mineral yang dapat melindungi gigi,” ungkap Eta.

Selain itu ia juga menyebutkan tips-tips menjaga kesehatan gigi sat berpuasa lainnya seperti berkumur saat berwudhu, memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, memperbanyak makan makanan yang mengandung serat yang tinggi.

Ia juga mengatakan tidak merokok selama bulan Ramadhan juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan gigi, Karena merokok dapat mempengaruhi kesehatan gigi bahkan bau mulut lainnya.

Tips lainya, yakni mengunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan pada gigi serta memeriksa gigi secara rutin ke dokter minimal enam bulan sekali.

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda