Setelah Berjaya Selama 20 tahun, Yahoo Messenger Akan Dihentikan Pada 17 Juli ini

layanan yahoo messenger dihentikan

JAKARTA, PIJARNEWS.COM — Salah satu aplikasi pesan instan pertama dan paling populer di jamannya, Yahoo Messenger, akan berakhir masa layanannya. Hari Jumat kemarin (8/6/2018), Oath, Inc, Perusahaan induk dari Yahoo! mengumumkan di laman resmi central help Yahoo! akan menutup Yahoo Messenger bulan depan pada 17 Juli.

Perusahaan Oath, Inc masih tengah mempertimbangkan dan mematangkan konsep yang sesuai dalam persaingan aplikasi perpesanan di tengah dominasi besar Facebook dan yang lainnya di aplikasi ponsel .

“Saat ini tidak ada produk pengganti yang tersedia untuk Yahoo Messenger,” tulis perusahaan itu. “Kami terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya adalah aplikasi messaging group undangan saja yang disebut Yahoo Squirrel (saat ini masih dalam versi beta).” Squirrel adalah aplikasi pesan grup Yahoo yang mulai melakukan pengujian bulan lalu.

Perusahaan ini tidak menjelaskan secara spesifik alasan dihentikannya Yahoo Messenger, tetapi kenyataan membuktikan beberapa tahun belakang, akan dominasi  dari WhatsApp dan Messenger Facebook, Snapchat, WeChat dan sejumlah lainnya. Sebelumnya, Oath, Inc juga menutup layanan AIM, aplikasi perpesanan AOL yang sepadan, pada bulan Oktober tahun 2017 lalu.

“Kami tahu kami memiliki banyak penggemar setia yang telah menggunakan Yahoo Messenger sejak awal sebagai salah satu aplikasi obrolan pertama dari jenisnya,” catatnya. “Karena model komunikasi terus berubah, kami berfokus untuk membangun dan memperkenalkan alat komunikasi baru yang menarik yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.”

“Setelah 17 Juli nanti, Anda tidak lagi dapat mengakses obrolan Anda dan layanan tidak akan berfungsi lagi,” tulis Yahoo! dalama laman bantuannya. Yahoo! mengatakan bahwa masih dapat melakukan pengunduhan riwayat obrolan di Messenger hingga 6 bulan ke depan. data-data percakapan dapat dipindahkan ke komputer atau perangkat penyimpanan data lainnya namun tidak secara khusus ke aplikasi perpesanan lain.

Sebagai informasi, Yahoo Messenger pertama kali melakukan debutnya sebagai Yahoo Pager pada tahun 1998, pada saat pesan instan menggunakan PC, sebagai alternatif untuk email dan SMS pada perangkat seluler dasar.

Sejak itu, layanan itu telah digunakan oleh ratusan juta pengguna internet. Di masa jayanya, Yahoo Messenger secara langsung bersaing dengan aplikasi perpesanan populer lainnya seperti ICQ, AIM, AIM, dan Microsoft Messenger. (*)

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda