Pura-pura Musyawarah Pura-pura Alumni (Catatan Musyawarah IKA IAIN Parepare)

OPINI, PIJARNEWS.COM — Alumni atau alumnus adalah lulusan dari sebuah sekolah, perguruan tinggi atau universitas. Manfaat alumni bagi perguruan tinggi sangat besar untuk masyarakatnya, almamaternya dan dirinya diberbagai hal. Keberadaan alumni di posisi strategis di pemerintahan, perusahaan, lembaga, organisasi, dan di tengah-tengah masyarakat tentu saja kekuatan potensial sebagai networking.

Perguruan tinggi yang memahami urgensi alumni tentu care terhadap sumber daya alumni sebagai aset terbesar, sebagai value, sebagai etalase almamater.

Manfaat alumni, tak terkecuali bagi IAIN Parepare yang berbenah, sangat besar untuk keberlangsungan proses dalam jangka panjang diberbagai hal. Alumni ada yang memiliki posisi strategis di pemerintahan, perusahaan, lembaga, organisasi, dan di tengah-tengah masyarakat, karenanya alumni mempunyai peran yang strategis.

Musyawarah besar IKA IAIN Parepare di Auditorium -megah- IAIN Parepare (21.02.2019) yang dibuka resmi oleh Rektor (diwakili WR III) diselenggarakan sederhana itu memutuskan Kakanda Minhajuddin Ahmad sebagai Ketua IKA IAIN Parepare periode 2019-2023. Selamat dan semoga amanah, baik-baik selalu Kanda.

Tentu, dengan latar politisi yang dimilikinya saya berharap ia tidak terganggu fokus dan tetaplah Kakak untuk semua Alumni, membangun jaringan yang kuat, memberdayakannya untuk masyarakat, tentu saja peran kontributif untuk Almamater sangat ditunggu.

Di sisi yang lain, saya hormat dan salut kepada seluruh alumni yang memberi sumbangsih saran dan kritik dan hibah waktunya menghadiri musyawarah besar alumni. Tak terkecuali, Kakanda Syahril B yang seorang jauh dari Mamuju dan Rektor universitas besar di kotanya, meluangkan waktu meski ditepikan.

‘ayo deklarasi Kanda’
‘deklarasi apa?’
‘kandidat ketua IKA, Kanda’
‘mauja silaturahim dinda, tidak lebih’
‘ayolah Kanda, saya siap jadi emsi Ta’
‘Ah, saya mau memilih Kak Min’
‘beugh… kita, pesan Ta Kanda’
‘remember this, nobody is bothered about an institution more than its alumni, Dinda’
‘well, mauma balik jam 11.00 ini Dinda’
‘wait me Kaka’

Sangat disayangkan jika kampus belakangan menyadari peran strategis alumnus dengan terpaksa mengingati aturan yang terkait akreditasi. Kemudian bergegas untuk memperhatikan etalase mulai usang ditinggal vakum. Apa iya saya pantas mengutuk ?

Kesan aji mumpung momentum wisuda pertama IAIN Parepare tak bisa dielakkan, walau didahului audiensi beberapa alumni bersama Rektor IAIN Parepare. semoga selanjutnya berbasis kepahaman dan harmoni akan pentingnya sinergitas peran para – antar alumni.

Sebetulnya saya berharap dinamika Musyawarah IKA di Auditorium IAIN Parepare lebih mewah (gagasan) dan dinamis (bukan hanya kontestasi), sayangnya itu jauh dari harap. Bahkan sejak dini, Kanda Faisal Hajj mewanti musyawarah sangat dipaksakan. Siapa juga yang mau mengurusi Ikatan Alumni yang fakum sebelum musyawarah semalam?

Semoga kita jauh dari kesan pura-pura musyawarah pura-pura alumni. Maju bersama peran strategis alumni sebagai katalisator, kontributor, dan iron stock almamater hijau tercinta.

Malekbi Werekkadana Makkiade Ampena.

Ahmad (Alumni PBI-2009)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda