Pelatihan Macro Teaching LIBAM, Praktik Nyata Proses Belajar Mengajar

LIBAM
Panitia LIBAM foto bersama dengan peserta. --hamdan/pijarnews--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Dalam rangkaian kegiatan Training of Trainer (TOT) Lintasan Imajinasi Bahasa Mahasiswa (LIBAM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Parepare, memberikan kesempatan kepada seluruh peserta untuk melakukan Macro Teaching.

Macro Teaching merupakan kegiatan praktik langsung untuk melatih mental dan cara peserta dalam melakukan proses belajar-mengajar. Kegiatan ini diselenggarakan sejak Senin, 13 Agustus 2018 lalu hingga besok, Rabu, 15 Agustus 2018. Kegiatan ini diikuti seluruh peserta TOT dan dibagi beberapa sekolah di antaranya, MAN 1 Parepare, Ponpes Hidayatullah Parepare, dan Ponpes Ibnu Qasim Kabupaten Pinrang.

Saharuddin, Koordinaor Intruktur mengatakan, Macro Teaching dilakukan untuk melatih peserta dalam menerapkan apa yang telah mereka dapatkan selama TOT.

“Kami telah memberikan beberapa teori, metode, dan strategi dalam beberapa pekan lalu, sehingga pada kesempatan ini kami menyerahkan sepenuhnya kepada peserta tapi tetap dalam pantauan instruktur dan panitia,” ungkap mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Parepare itu.

Selama tahap Macro Teaching, para instruktur atau panitia sengaja melepas dan memberikan secara lugas kesempatan kepada peserta dalam mengawal proses belajar mengajar di sekolah-sekolah. Karena dengan itu bisa melatih mental, kebersamaan dan tanggung jawab mereka dalam menghadapi siswa dan kondisi secara nyata.
Sahar –sapaan akrab Saharuddin, berharap pada kesempatan ini peserta lebih giat dalam belajar dan tidak lagi melakukan kesalahan. Sehingga ke depannya dapat dipersiapkan untuk terjun ke sekolah-sekolah melakukan perkampungan bahasa Inggris dan Arab.

Aksan salah seorang peserta TOT mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. “Saya bersyukur pada kesempatan ini bisa saling berbagi menambah pengalaman dan sangat bangga bisa membagikan apa yang kita tahu bersama dengan adik-adik peserta didik,” jelasnya.

Sri Widyanti, salah seorang peserta, siswi kelas dua MAN 1 Parepare mengaku bahagia bisa ikut dalam kegiatan LIBAM. “Senang sekali bisa diajar dengan kakak-kakak dari LIBAM, menyenangkan dan tidak menegangkan,” kesan Sri Widyanti. (*)

Reporter : Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda