Peduli Ketahanan Pangan, Mahasiswa Unasman Bagikan Benih dan Bibit

POLEWALI MANDAR, PIJARNEWS.COM — Peduli ketahanan pangan keluarga ditengah pandemi covid-19, Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (Himagrotek) Universitas Al-Asyariah Mandar (Unasman) membagikan 2730 bibit dan 4 kilo benih sayuran kepada warga di Kecamatan Binuang. Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (24/6/2020).

Bibit dan benih yang dibagikan terdiri dari kacang panjang, kangkung, cabai, sawi dan tomat tersebut dilakukan di dua Desa dan satu Kelurahan yakni, Desa Tonyaman Pulau Battoa 190 rumah, Rea timur Bajoe 180 rumah dan Kelurahan Amassangang Pulau Salama 90 rumah.

Muh. Ikbal Halim Ketua Himagrotek Unasman mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan karena dimasa pandemi masyarakat dianjurkan untuk memperkuat imun tubuh, dan salah satu faktor memperkuat imun adalah mengkonsumsi makanan sehat.

“Melalui kegiatan ini kami menganjurkan masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan menanam kebutuhan dapur seperti sayuran, karena dengan itu masyarakat akan bisa memastikan sendiri kualitas tanaman sesuai unsur yang diberikan,” katanya.

Selain itu, mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat seperti pemanfaatan dan pengolahan limbah.

“Kami juga memberikan edukasi seperti air cucian beras, air cuci ikan, sisa-sisa sayuran, serta beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pestisida alami,” jelasnya.

Sementara Rektor Unasman, Hj Chuduriah Sahabuddin hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Ia mengaku sangat mengapresiasi kegiatan itu.

“Sebagai rektor kita sangat bangga karena memiliki anak-anak yang kreatif dan inovatif. Mau membesarkan nama kampus atau prodinya kepada masyarakat bahwa mahasiswa Unasman bisa bermanfaat dan membantu masyarakat,”ungkapnya.

Reporter: Hamdan

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News