PDGI Enrekang Edukasi Warga Jaga Kebersihan Mulut

ENREKANG, PIJARNEWS.COM–Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Enrekang menggelar webinar dengan tema Kesehatan Gigi dan Mulut dimasa Pandemi Covid-19, Selasa 15/12/2020 di rujab Bupati.

Ketua PDGI Cabang Enrekang drg. Epa Sufiana mengatakan, pengurus patut bersyukur karena dari 75 cabang penyelenggara BKGN se-Idonesi, PDGI Cabang Enrekang dipercaya sebagai salah satu penyelenggara BKGN tahun ini.

“Kegiatan webinar tentang Pentingnya menjaga kebersihan mulut di masa pandemi covid-19 sudah yang kedua kalinya dilaksanakan di Enrekang,” ungkap Epa.

Ia juga mengatakan, sejatinya kegiatan ini terlaksana pada 20 Maret 2020 bertepatan dengan WOHD (World Oral Health Day) atau hari kesehatan gigi dan mulut sedunia, namun karena adanya pandemi sehingga kegiatan ini baru terlaksana dalam bentuk edukasi online.

“PDGI Cabang Enrekang terus melakukan edukasi ke masyarakat karena memang tingkat pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah,” ujarnya.

Menurut survei Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018 ditemukan dari 94,7 % masyarakat Indonesia yang menyikat gigi setiap hari, hanya 2,8 % yang menyikat gigi dengan tepat pada pagi dan malam hari.

“Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa rongga mulut merupakan pintu masuk terbesar dari virus maupun bakteri ke tubuh kita sehingga bisa mempengaruhi organ tubuh yang lainnya,” ujarnya.

Wabup Enrekang Asman,SE, saat membuka acara mengatakan Pemerintah memberikan support kepada PDGI Cabang Enrekang yang telah melakukan Webinar tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PDGI Cabang Enrekang.Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 dimana masyarakat memang harus terus mendapatkan edukasi tentang kesehatan mulut dan gigi sehingga masyarakat dapat meningkatkan kesehatan mereka untuk menekan penyebaran virus korona,” kata Wabup.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama PT. Unilever.Tbk (brand Pepsodent), PDGI, dan Pemkab Enrekang.
Ketua Panitia Webinar, drg. Hj. Sri Siswaty Zainal.,M.Adm.Kes mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Ke-11 tahun 2020. hadir sebagai pemateri drg. Asrianti.,M.Kes,Sp.KG dan moderator drg Nusriati.,M.Adm.Kes.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News