Mengintip Upaya Rutan Pinrang Memberdayakan Warga Binaan

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Rumah tahanan (Rutan) Pinrang punya beragam cara untuk memberdayakan warga binaannya. Sejumlah kegiatan unggulan diprogramkan, agar para narapidana memiliki kegiatan positif didalam rutan. Salah satunya yang terbaru adalah usaha penetasan telur bebek.

“Alhamdulillah,sudah beberapa ekor yang telah menetas anak bebeknya. Ini sudah beberapa bulan lamanya berjalan dan akhirnya bisa menghasilkan juga,” jelas Kepala Rutan Pinrang, Ali Imran, 30/4.

Ali menyebutkan, apa yang dilakukan dirutan itu adalah bagaimana memberdayakan warga binaan menjadi manusia yang produktif, dan siap bersaing ketika mereka beban. Selain itu, dia berharap agar rutan yang produktif bisa mengubah image bahwa Rutan itu keras dan sangar.

Kasubsi Peltah Rutan Pinrang, Rusdin menambahkan Rutan Pinrang juga saat ini mempunyai beberapa kegiatan diantaranya, perkebunan kangkung serta cabai secara hidroponik atau tanpa menggunakan pupuk. Juga ada pembuatan lemari dan kerajinan tangan tali kur dan naga hiasan dinding, vas bunga, asbak dan bunga hias.

“Saat ini kita sudah menerima beberapa pesanan. Setidaknya kami harus memberdayakan mereka dibanding mereka berdiam diri dikamar,” imbuhnya. (fzn/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda