“Mappalili” Tradisi Saat Turun Sawah yang Masih Dijaga Warga Batu Lappa

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Warga Desa Batulappa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang hingga kini masih terus mempertahankan tradisi masa lampau yang bertujuan sebagai pengharapan agar hasil panen mereka melimpah.

Tradisi yang sudah berusia ratusan tahun ini adalah “Mappalili”. Mappalili merupakan tradisi turun-temurun yang dilaksanakan di awal rangkaian penggarapan lahan pertanian milik warga setempat sebelum menanam padi. Tradisi ini dilakukan warga Desa Batulappa, dengan bergotong royong serta saling bahu membahu untuk menanam padi. Usai menanam, warga kemudian makan bersama.

Kepala Desa Batu Lappa, P.Tahir mengatakan, acara Mappalil ini dibuka dengan ritual dan doa kepada yang maha kuasa, agar tanaman padi warga bisa tumbuh subur dan menghasilkan panen yang melimpah.

“Begini warga kami saat memulai turun sawah, mereka bergotong royong dan makan bersama, ajang ini juga kami harapkan bisa menjaga keharmonisan dan silaturahim antar warga tetap terjaga,” ujar Tahir kepada PIJARNEWS, Sabtu 8 Desember 2018. (*)

Reporter: Fauzan

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda