KPI Sosialisasi Pentingnya Pendidikan Politik Melalui Media

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Program Sarjana dan Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare menggelar Seminar Nasional dirangkaikan dengan Broadcasting Competition, Minggu 13/05/2018.

Seminar Nasional kali ini menghadirkan beberapa pembicara diantaranya, Prof Dr Muh Yusuf Khalid, Guru Besar Universitas Sains Islam Malaysia, Dr Muhammad Zamroni,  M.Si (Ketua Asosiasi Prodi KPI se-Indonesia ASKOPIS), Dr. Prilani, M.Si (Pakar Komunikasi dan Dewan Pakar ASKOPIS), Dr. Muh. Qadaruddin, M.Sos.I (Ketua Prodi KPI Pascasarjana IAIN Parepare dan Pengurus Pusat ASKOPIS) dan Nur Nahdiyah, SE. M.Ak (Ketua KPU Kota Parepare).

Kegiatan dengan tema “Literasi Media Politik dan Generasi Milenial” diikuti oleh Dosen, Mahasiswa dan Siswa dari berbagai sekolah di Kota Parepare.

Selain bertujuan untuk memberikan informasi terkait media, kegiatan ini juga mensosialisasikan pentingnya pendidikan politik bagi generasi milenial. Aktivitas politik sangat diwarnai dengan penggunaan beragam media.

“Seminar ini penting, karena seperti yang diketahui generasi muda yang paling aktif dalam media sosial. Namun kebanyakan dari mereka apatis terhadap politik, sehingga ini merupakan langkah atau rangkaian sosialisasi juga terkait dengan pemilih pemula,” ungkap Prilani.

Ia juga menjelaskan bagian terpenting dari kampanye komunikasi politik adalah literasi medianya sebagai alat sosialisasi.

“Intinya bagaimana memberikan keberimbangan karena berita tidak hanya dicerna kata-kata tapi juga harus diklarifikasikan kemudian disebar kepada khalayak,” tutupnya.

“Kami berharap Komunikasi Penyiaran Islam dapat mendorong kratifitas anak muda agar mampu memanfaatkan media dalam kontestasi politik ke arah yang positif,” jelas Nur Haqqi, Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Parepare. (hmd/ibl)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda