Kebakaran Hutan California: Trump Umumkan Bencana Besar

Kebakaran telah membakar beberapa bagian wilayah penghasil anggur California ( GETTY IMAGES)

CALIFORNIA, PIJAR NEWS.COM — Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan, kebakaran hutan menghanguskan rumah dan menghancurkan hutan di California, sebagai bencana besar dan dia telah mengeluarkan bantuan federal.

Lebih dari 14.000 petugas pemadam kebakaran diturunkan memadamkan di_585 titik panas. Kini api telah membakar 400 ribu hektar.

Petugas pemadam kebakaran, kesulitan memadamkan api. Angin kencang mendorong api ke daerah padat. Kini udara kotor menyelimuti negara bagian itu.

Sedikitnya enam orang tewas dan ribuan lainnya dievakuasi. Tiga kompleks kebakaran besar di daerah pegunungan dan pedesaan.

Gubernur California Gavin Newsom, mengatakan, kebakaran di SCU Lightening Complex di selatan dan timur San Francisco adalah yang terbesar ketiga dalam sejarah negara bagian itu.

Video yang di-tweet gubernur menunjukkan asap memerah membumbung ke langit dan gumpalan asap putih membumbung dari tanah yang dipenuhi abu.

Perintah evakuasi pada hari Sabtu diberikan kepada ribuan orang di daerah Teluk dekat San Jose dan memperingatkan orang lain agar bersiap untuk meninggalkan rumah mereka dalam waktu dekat.

Petugas pemadam kebakaran yang kelelahan terus memadamkan api, dengan beberapa shift 72 jam bekerja dalam kondisi panas yang berbahaya, lapor kantor berita AP.

“Mereka berjuang mencari mayat dan membantu memadamkan api,” kata seorang pejabat di Kota Fresno kepada kantor berita Reuters.

Di taman negara bagian tertua California, nyala api menghanguskan pohon redwood yang memulai hidup mereka lebih dari 2.000 tahun yang lalu.

Pusat pengunjung bersejarah Big Basin State Park dibakar hingga rata dengan tanah dan para pejabat mengatakan beberapa pohon, yang menjulang setinggi 330 kaki (100 meter), telah tumbang karena daerah itu “rusak parah”.

Kebakaran hutan terbesar, yang disebut kompleks LNU Lightening, berada di daerah penghasil anggur terkemuka di Napa dan Sonoma di utara San Francisco dan hanya 15% tertahan, kata CalFire pada hari Sabtu.

Lebih jauh ke selatan di daerah Santa Cruz, 115 rumah telah hancur dan beberapa penduduk dievakuasi.

Gov Newsom telah meminta bantuan dari Australia dan Kanada. Petugas pemadam kebakaran, mesin, dan pesawat pengintai berlomba dari negara bagian AS termasuk Oregon, New Mexico, dan Texas.

Meskipun California terbiasa dengan kebakaran, gubernur menyebut kebakaran tidak seperti apa pun yang pernah dilihat negara bagian sebelumnya.

“Jika Anda tidak percaya pada perubahan iklim, datanglah ke California,” cuitnya, Sabtu,(23/8/2020). (er/*)

Sumber : BBC News

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News