Kakanwil Kemenkumham Sulsel Puji Lomba Cerdas Cermat WBP Rutan Makassar

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto membuka Lomba Cerdas Cermat kesadaran hukum bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Makassar, Kamis (13/8/2020).

Materi lomba tentang undang undang narkotika, bantuan hukum dan sistem peradilan pidana anak .

Harun mengapresiasi kegiatan kerjasama pihak Rutan dan beberapa organisasi bantuan hukum di Kota Makassar. “Ini sangat positif , edukatif, dan memacu WBP untuk terus membaca, karena soal yang dilombakan sesuai dengan standar lomba Kadarkum pada umumnya, sehingga menambah pengetahuan, dan menjadi warga yang taat hukum ,” Kata Harun.

Menurut harun tujuan sistem pemasyarakatan itu agar wargabinaan, menyadari kesalahannnya, memperbaiki diri ,tidak melanggar hukum lagi, menjadi warga yang aktif dan produktif selama dan setelah menjalani pidana.”Kegiatan ini sangat relevan dengan tujuan pemasyarakatan,“ kata harun.

Kepala Rutan Makassar, Sulistiyadi mengungkapkan, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan kolaborasi antara divisi yankumham Kanwil Kemenkumham Sulsel, Rutan Makassar, dan Lembaga Bantuan Hukum Amar Keadilan dan Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia. Ditengan pandemi ini kegiatan di rutan mengurangi kegiatan fisik WBP, dan lebih menekankan pada kegiatan berpikir. “Animo WBP juga sangat besar yang dimulai dengan adanya perpustakaan keliling, sehingga dibuatlah lomba ini atas inisiatif bersama,” Ungkap Sulistiyadi.

Kegiatan pembukaan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Sirajuddin, Kepala Divisi Pemasyarakatan Taufiqurrakhman, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Yuliani, Kepala Bidang Hukum Andi Haris Kepala Sub Bidang Jaringan Dokumentasi Hukum Yohannes Tani, Ketua LBH Amar Keadilan, Muh. Iqbal selaku Dewan Juri dan Ketua LBH PBHI, Abdul Saleh Azis selaku Dewan Juri cerdas cermat serta para JFT Penyuluh Hukum Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News