Inilah Cara Mudah Menjaga Kesehatan ala Dinkes Pinrang

Ket: Ilustrasi hidup sehat (foto: Selasar)

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Menjaga kesehatan diri dan lingkungan ternyata tidak mesti mahal dan rumit. Kadis Kesehatan Pinrang, dr Dyah Puspita Dewi membeberkan caranya disela Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), beberapa waktu lalu.

“Germas adalah tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama untuk berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” kata Dyah.

Ia menguraikan, gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan cara: melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban.

“Dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” urainya.

Dyah menambahkan, Indonesia tengah menghadapi tantangan besar dalam bidang kesehatan, yakni masalah kesehatan triple burden. Diantaranya masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. (ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda