Ibu-ibu Mengeluh, Harga Kebutuhan Dapur di Parepare Naik Lagi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Harga sejumlah bumbu dapur, seperti bawang putih, kemiri dan jeruk nipis di sejumlah pasar tradisional di Parepare mengalami kenaikan, Senin 15/5. Bahkan seminggu terakhir kenaikan terjadi dua kali.

Pantauan Pijarnews, Harga bawang putih yang dulunya Rp30 ribu perkilo, naik menjadi Rp40 ribu per kilo. Pertengahan Mei, naik lagi menjadi Rp60 ribu perkilogram. Harga kemiri dari Rp10ribu perkilo, naik menjadi 30ribu per kilo. Jeruk nipis Rp3ribu menjadi Rp10ribu.

“Kenaikan dipicu kurangnya pasokan dari daerah penghasil. Permintaan dari pelanggan juga akhirnya berkurang dan beralih ke bahan dapur lain atau bumbu instan dipasar modern,” kata pedagang, Syamsuddin.

Salah seorang pembeli, Anti mengeluhkan kenaikan harga tersebut. Menurut ibu rumah tangga itu kenaikan biasanya baru terjadi beberapa hari sebelum Ramadan. “Semoga harga kembali normal pada bulan Ramadan nanti. Soalnya kebutuhan bumbu dapur pasti akan meningkat,” ujarnya.

Namun tidak semua bumbu dapur mengalami kenaikan. Bawang merah misalnya, dari Rp25 ribu turun jadi Rp15 ribu per kilo. Stok dari daerah penghasil yang melimpah, membuat harga turun. (con/ris)

Bagikan :