Hanya di Parepare, Warkop Bakal Dilengkapi Perpustakaan

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Perpustakaan Parepare terus berupaya meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu inovasinya adalah menggandeng warung kopi (warkop) yang tumbuh begitu pesat. Perpustakaan Parepare berencana memberi bantuan buku kepada warkop tersebut.

Kepala Bidang Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Perpustakaan Kota Parepare, Radin Adam mengatakan pihak akan mengajak para pengusahan warung Kopi, untuk bekerja sama. “Kita ingin meningkatkan minat baca warga. Nah karena banyak yang senang nongkrong di warkop,
kita akan memberikan pinjaman buku kepada warkop tersebut untuk dipajang dan dibaca pengunjung. Semacam perpustakaan mini,” jelasnya, Minggu 22 Januari.

Lanjut Rasdi, hal ini dilakukan untuk mewujudkan kota Parepare sebagai Kota Literatur. Minggu depan rencananya para pengelola warung kopi kita undang untuk mewujudkan program ini.

Hingga kini Perpustakaan Kota Parepare memiliki koleksi 10 ribu judul buku. Nantinya pihak Perpustakaan akan membantu sekira 100 sampai 200 judul buku ke warkop, sementara pengusaha kopi harus menyiapkan rak buku.

“Setiap bulannya kita mengganti judul buku tersebut dengan jumlah yang sama, agar penikmat kopi tidak bosan membaca. Kan mantap jika ngopi sambil membaca,: ujarnya.

Pengelola Warkop Sweetnes 588 Kota Parepare, Bambi merespon positif rencana itu. Menurutnya, ide dan inspirasi kerap muncul saat seseorang ngopi. Dengan adanya buku-buku, ide dan inspirasi menjadi lebih mudah diperoleh.

“Mantap sekali jika setiap warkop punya perpustakaan mini. Selain itu, warga jadi punya alasan lain untuk mengunjungi warkop. Kita jelas mendukung inovasi dari Perpustakaan ini,” tandasnya. (con/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda