Gramedia Raih Penghargaan Mitra Peduli PAUD dan Dikmas Tahun 2019

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM–PT Gramedia Asri Media meraih penghargaan sebagai perusahaan yang telah memberikan dampak signifikan terhadap pendidikan nonformal di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (DIKMAS), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Seremoni penyerahan penghargaan ini berlangsung dalam gelaran Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54, di Lapangan Karebosi Kota Makassar, Sabtu, 7 September 2019.

PT Gramedia Asri Media tergabung ke dalam Lembaga Mitra PAUD dan Dikmas Kategori DUDI/BUMN dan Ormas / Yayasan yang memiliki kontribusi membantu program pemerintah dalam meningkatkan pendidikan, khususnya nonformal.

Perusahaan lainnya yang menerima penghargaan serupa adalah Bank Indonesia, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Pertamina EP Aset 3 Subang Field. Sedangkan Ormas / Yayasan yang meraih penghargaan ini adalah Yayasan Dompet Dhuafa, Komunitas 1001 Buku, Komunitas SEAD (Sobat Eksplorasi Anak Dalam) Jambi, dan YPAB (Yayasan Pemimpin Anak Bangsa).

Penghargaan untuk PT Gramedia Asri Media diterima langsung oleh Heri Darmawan selaku Marketing, Merchandising Director.

Di dalam Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 ini, Gramedia juga membuka bazaar buku di Area Baca, Lapangan Karebosi Makassar.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat membaca buku gratis di Pojok Buku Literasi Nusantara juga di buka selama acara berlangsung, mulai 6 hingga 7 September 2019. Berbagai acara juga telah disiapkan untuk memeriahkan aktivitas di booth  tersebut, antara lain menulis puisi, menggambar, mewarnai, bercerita, ecoprinting, bermain sambil membaca, dll.

Acara tersebut merupakan kerja sama antara Gramedia, Kemendikbud RI, dan Rumah Hijau Denassa.

Corporate Secretary GM PT Gramedia Asri Media Yosef Adityo menyatakan, penghargaan ini menjadi penambah semangat.

“Agar terus memberikan inspirasi, berkolaborasi, dan berinovasi untuk memajukan pendidikan masyarakat Indonesia, baik formal maupun nonformal melalui kegiatan literasi,” kata Yosef Adityo. Dia menjelaskan bahwa penghargaan ini bukan hanya milik Gramedia.

“ Penghargaan ini akan kami dedikasikan kepada seluruh komunitas dan taman baca di Indonesia yang sudah bersinergi dengan Gramedia dalam berbagai kegiatan literasi selama ini, “imbuhnya.

PT Gramedia Asri Media sendiri mulai berfokus untuk membantu program pemerintah meningkatkan minat baca sejak tahun 2015.

“Sebenarnya kegiatan atau dukungan memajukan literasi dan minat baca di Indonesia sudah kami mulai sejak pertama kali berdiri tahun 1970, namun kami semakin berfokus dan lebih gencar terlibat maupun membantu program pemerintah sejak tahun 2015 lalu,” ungkap Rezza Patria Wibowo selaku Public Relations Manager PT Gramedia Asri Media.

Tercatat semenjak tahun 2015, PT Gramedia Asri Media mulai menginovasikan program-program seperti Gramedia Reading Community Competition (GRCC), Festival Literasi Gramedia, Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF), dan website literasi www.literasinusantara.com.

Selain itu, dukungan untuk pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi, komunitas, maupun masyarakat yang mengadakan kegiatan bertema literasi juga terus Gramedia berikan.

Sebagai gambaran, Gramedia Reading Community Competition (GRCC) adalah program rutin Gramedia untuk mencari komunitas dan taman baca yang aktif, inovatif, dan inspiratif di seluruh Indonesia, dan kemudian didukung penuh baik dari segi koleksi buku maupun kegiatan literasi mereka.

GRCC merupakan langkah awal kolaborasi Gramedia dengan para komunitas serta taman baca di Indonesia. Sejauh ini, Gramedia telah bersinergi aktif dengan 37 komunitas dan taman baca melalui GRCC 2016 dan 2018.

Festival Literasi Gramedia merupakan sebuah rangkaian kegiatan mengkampanyekan enam dimensi literasi dasar kepada masyarakat melalui kegiatan yang seru dan menyenangkan.

Festival ini merupakan hasil kerja sama antara Gramedia dan pemerintah daerah setempat, serta didukung oleh organisasi, ataupun penggiat literasi di wilayah tersebut.

Sampai dengan tahun 2019, Gramedia telah mengadakan Festival Literasi di 6 wilayah yaitu Surabaya, Yogyakarta, Lombok Utara, Banyumas, Padang Panjang, dan terakhir di Samosir pada pertengahan Juli lalu. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News