Enrekang Matangkan Persiapan Jadi Tuan Rumah Festival Bawang Merah Nasional

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Enrekang akan menjadi tuan rumah Festival Bawang Merah Nasional. Festival unik yang baru pertama kali diadakan di Indonesia tersebut, rencananya akan dipusatkan di Kec. Anggeraja tanggal 14-15 Oktober mendatang. Acara itu dihelat oleh Kantor Perwakilan (KP) Bank Indonesia (BI) Sulsel bekerjasama dengan Pemkab Enrekang.

“Ini acara pertama kali di Indonesia, kita yang di tunjuk jadi tuan rumah. Ini berkat produksi bawang kita yang diskala nasional memang sangat diperhitungkan, Saat ini persiapan terus dimatangkan,” kata Kadis Pertanian Enrekang, Arsil Bagenda, Selasa 10/10.

Arsil menuturkan, bahwa festival ini akan menjadi ajang perkenalan kepada masyarakat Indonesia, tentang potensi Enrekang sebagai daerah penghasil bawang terbesar di Indonesia Timur.

“Rencananya, beberapa daerah penghasil bawang di Indonesia lainnya, seperti Bima, Brebes, dan Nganjuk, akan hadir untuk memamerkan bawangnya pada festival tersebut,” jelas Arsil.

* Bawang Merah Enrekang Diakui Secara Nasional

Kepala KP BI Sulsel, Bambang Kusmiarso menuturkan, festival ini bekerja sama dengan Pemkab Enrekang. “Enrekang adalah salah satu sentra bawang merah di KTI. Kita ingin ada tukar pengalaman dan pengetahuan sentra bawang di Indonesia,” katanya.

Makanya, agar lebih ramai, BI juga mengundang 10 sentra bawang di Indonesia seperti Brebes, Nganjuk, Bima, Probolinggo, Cirebon, Solok, Demak, Bandung, Malang, dan Kendal.

“Kami ingin berbagi pengalaman dan informasi untuk ketahanan bawang merah di Indonesia. Konfirmasi Pemkab Enrekang, akan dihadiri Menteri Pertanian,” katanya.

Festival tersebut akan dihadiri oleh Menteri Pertanian RI, Amran Sulaeman, Dirjen Holtikultura, Ketua KPPU Pusat Syarkawi Rauf, dan juga Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. (tto/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda