Cabai di Pinrang Tembus Rp100 Ribu per Kilo

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Harga cabai di Pinrang kini mencapai R100ribu per kilogram. Sebelumnya, harga berkisar hanya Rp60ribu-Rp70ribu per kilo. Hal tersebut dipantau di Pasar Sentral Pinrang, Minggu 5 Maret.

Pedagang menyebut naiknya harga cabai disebabkan sejumlah hal. Selain memang permintaan tinggi, juga terjadi kelangkaan komoditi dalam beberapa hari terakhir. “Susah sekarang dapat cabai, kalaupun ada mesti berebut,” ungkap pedagang cabai, Rahma.

Pembeli tidak mampu membeli cabai seharga Rp100ribu, karena itu pedagang memilih menjual per gelas. Satu gelas cabai, dijual seharga Rp10ribu. Dalam satu kilogram, ada 10-11 gelas cabai. “Kita harus ecer seperti itu jika mau laku,” urainya.

Pedagang juga kesulitan mendapat pasokan. Pun jika ada, pedagang sampai menembus Polewali untuk membeli langsung dari petani. Namun kendalanya pedagang besar dengan mobil dan modal lebih, sering memborong langsung cabai petani. Sehingga harga yang sampai pada pedagang kecil tentu jauh lebih mahal. (jun-fzn/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News