Berkunjung ke Lokasi Demfarm, Bupati Sidrap Harap Demfarm Ada di Desa Lain

SIDRAP, PIJARNEWS.COM–Bupati Sidrap, H Dollah Mando berkunjung ke lokasi demonstrasi farming (demfarm) padi sehat yang dikelola Kelompok Tani Sipatuo Deceng di Desa Carawali Kecamatan Watang Pulu, Selasa (21/7/2020).

Hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel, A Ardin Tjatjo, Kepala UPT Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Uvan Nurwahidah, dan Kepala IP3OPT Wilayah V Pinrang, Rahman Runa.

Turut hadir Sekertaris Dinas Pertanian, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Sidrap, Ibrahim, Camat Watang Pulu, Andi Surya Praja, Kades Carawali, Abd. Hafid Mekka dan penyuluh pertanian setempat.

Bupati Sidrap, Dollah Mando menyambut baik dan mengapresiasi pemberdayaan petani melalui denfarm tersebut. Kegiatan itu, nilai Dollah, merupakan pembelajaran bagi kelompok tani dalam meningkatkan prodiktivitas padi.

“Selain itu dapat membina semangat gotong-royong dan kebersamaan diantara para petani. Kami tekankan agar kegiatan seperti ini terlaksana di beberapa lokasi, bukan hanya di Desa Carawali,” ujar Dollah.

Ia juga berharap pemerintah provinsi senantiasa memberi perhatian terhadap kondisi pertanian di Kabupaten Sidrap. “Termasuk padi sehat ini, butuh dicarikan pemasaran khusus,” lontarnya.

Sementara A Ardin Tjajo memaparkan, demfarm tanaman padi sehat menggunakan areal sekitar 5 hektar. “Di sini tidak menggunakan pupuk pestisida, semuanya dari bahan organik. Kami juga mencoba menanam sayuran seperti sawi dan kankung,” paparnya.

Ia juga mengatakan, siap membantu pengembangan kerjasama pembenihan padi sehat dan kemitraan pemasarannya. Selain itu, memfasiltasi bantuan benih padi untuk wilayah yang terkena dampak banjir.

Ditambahkannya pula, pihaknya sebelumnya melakukan gerakan pengendalian (gerdal) hama tikus dengan beberapa kelompok tani.

“Kita lakukan secara bersama dan berkelanjutan, untuk mencegah tanaman padi tidak mengalami kerusakan akibat hama pengerat ini,” kuncinya.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News