Forum Pengembang Ajatappareng

Begini Cerita Puasa Perdana Irawati, Mualaf Asal Pinrang

mualaf
Ilustrasi. --republika.co.id--

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Bulan Ramadan merupakan momen yang sangat dinantikan umat islam tiap tahunnya. Sebab di bulan tersebut segala amal ibadah dilipatgandakan oleh Allah swt dan mejadi sebuah kewajiban bagi seorang muslim berpuasa selama bulan ramadan.

Bagi mereka yang telah lama memeluk islam atau muslim sejak lahir merasa terbiasa dengan ibadah puasa di bulan tersebut, sebab hal itu menjadi rutinitas tiap tahunnya. Namun hal yang lain dirasakan Irawati Wilyana Tawan (18). Sebab di bulan ramadan kali ini, menjadi puasa perdananya selama memeluk Agama Islam.

irawati
Irawati Wilyana Tawan.

Irawati yang merupakan remaja kelahiran Suppirang, Kabupaten Pinrang itu memeluk Agama Islam sejak 2019 lalu. Ia mengaku pertama kali berpuasa selama hidupnya.

Irawati merasakan hal yang berbeda selama hidupnya setelah berpuasa. Karena sebelumnya, ia tidak pernah melakukan ibadah puasa saat memeluk Agama Nasrani. 

“Awalnya merasa berat, sebab belum terbiasa dan sesekali merasa ngiler ketika melihat postingan makanan di medsos serta loyo saat siang hari,” ujar Irawati. 

Akhirnya di puasa berikutnya, ia memutuskan mengurangi untuk memegang handphone supaya tidak bisa melihat gambar atau postingan makanan dan minuman di medsos.

“Saat sahur, saya juga merasa aneh karena tidak terbiasa makan sepagi itu,” ungkap Irawati kepada PIJARNEWS, baru-baru ini.

Karena niat yang besar, Irawati mengaku mampu melaksanakan puasa dengan baik. “Kini saya sangat bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa, karena bulan puasa adalah bulan pengampunan dan penuh berkah bagi umat islam,” jelasnya.

Meski hanya seorang diri yang memeluk Islam dalam keluarganya, namun ia tetap semangat dan optimis dengan keputusannya.

Tinggal di rumah kerabatnya yang juga muslim memudahkan ia mampu beradaptasi dengan Islam dan ibadah puasa. Sebab para kerabatnya selalu membimbingnya. (*) 

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News