Bakti Sosial Terpadu, Baznas Sinergi Polres-Dinkes di Kaki Gunung Latimojong  

Baznas Enrekang
Bakti Sosial Terpadu Baznas Enrekang bersama Polres dan Dinkes.

ENREKANG, PIJARNEWS.COM —  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)  Enrekang bersinergi dengan Polres dan Dinas Kesehatan Enrekang menggelar bakti sosial terpadu di kaki gunung Latimojong. Tepatnya di Desa Latimojong, Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang, Sabtu (29/2/2020). Desa ini merupakan desa terjauh dan terluar di Kabupaten Enrekang.

Kegiatan Bakti Sosial ini dihadiri Wakil Bupati Enrekang, Asman, Pimpinan Baznas Mursyid (Ketua) Kadir Lesang, Baharuddin (Wakil Ketua), Kapolres Enrekang AKBP Endon Nurcahyo, Kepala Dinas Kesehatan Enrekang Sutrisno, Camat Buntu Batu, Nur Alam,dan Direktur RSUD Maspul, dr Yusuf beserta jajarannya.

Baznas Enrekang
Pengurus Baznas foto bersama.

Wakil Bupati Enrekang, Asman yang merupakan Putra asli Latimojong menyerahkan bantuan langsung tunai kepada 10 Mustahik dan 1 bedah rumah atas nama Usman. Dalam sambutannya, Asman mengatakan bakti sosial terpadu ini langka terjadi di Latimojong. “Ini merupakan ajang silaturahim antara pemerintah dan masyarakat serta bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakatnya,” kata Asman. 

“Kita juga patut berterimakasih dan berdoa pada para PNS Pemkab yang telah membayar zakat di Baznas Enrekang. Inilah hasilnya, memberikan bantuan kepada warga kita yang kurang mampu,” ujar Asman.

Kerjasama Baznas, Polres dan Dinkes ini hadir memberi bantuan 3 bedah rumah, 10 santunan uang tunai serta sosialisasi zakat. Saat ini Baznas Enrekang telah membentuk unit pengumpul zakat di desa, dan siap menerima zakat pertanian kopi yang jadi penghasilan utama masyarakat.

“Kolaborasi Baznas Enrekang adalah bagian dari keseriusan kami bersinergi dengan seluruh instansi menyukseskan program pemerintah, terutama yang berkaitan dengan kemiskinan, kesehatan dan pendidikan,” ujar Baharuddin.

Baznas Enrekang sendiri misi utamanya adalah penguatan SDM dan kelembagaan UPZ di tingkat desa. Karena mereka adalah ujung tombak yang setiap hari bersentuhan langsung dengan para petani, pedagang dan para Muzakki lainnya di desa.

“Khusus di Desa Latimojong, kami berharap petani kopi bisa menunaikan kewajiban zakat pertanian kopinya,” tambah Baharuddin.

Polres sendiri menyerahkan bantuan paket sekolah kepada 90 siswa SDN Karangan, juga menyerahkan Al-Qur’an pada pengurus masjid di dusun karangan. Sementara Dinkes melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan. Warga antusias memeriksakan kesehatannya. (arm/alf)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda