109 Siswa MA Darussalam Anrong Appaka Ikuti Penamatan Sekolah

 

PANGKEP, PIJARNEWS.COM— Sebanyak 39 siswa/siswi Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka dan sebanyak 70 siswa/siswi Darussalam Anrong Appaka mengikuti acara penamatan di Aula Madrasah, Senin, 29 April 2019. Acara penamatan ini merupakan agenda tahun ajaran 2018/2019 sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Isra Mikraj Rasulullah SAW yang mengusung tema “Menjadi Pelopor Kebaikan”.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Yayasan Darussalam, ST. Nadrah, Ketua Pengurus Harian Darussalam Dr Muh. Saleh Ridwan, Kasubag Kementerian Agama Kabupaten Pangkep, Ahmad Tahir, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda setempat, dan orang tua siswa.

Kepala Madrasah Darussalam Anrong Appaka, Dr Muh. Shahib Abdullah, mengucapkan terima kasih kepada orang tua yang berkenan hadir pada acara penamatan ini.

”Untuk anak-anakku yang tamat, pembelajaran yang sesungguhnya adalah ketika kalian berada di tengah-tengah masyarakat. Maka jadilah pelopor kebaikan di tengah-tengah masyarakat dan teruslah belajar jangan berhenti sampai di sini saja,” pesannya.

Selain itu, dia juga melaporkan bahwa siswa/siswi yang tamat pada tahun ini adalah sebanyak 35 orang, enam orang di antaranya telah diterima masuk perguruan tinggi Negeri di Indonesia melalui jalur undangan. Dengan rincian, lima orang melalui jalur SNMPTN, satu orang melalui jalur SPAN/PTKIN.
Sementara itu Kasubag Kementerian Agama Kabupaten Pangkep, Ahmad Tahir dalam arahannya mengatakan bahwa para orang tua siswa patut bersyukur karena menyekolahkan anaknya di madrasah, sebab selain anak mereka dibekali pengetahuan umum juga mempelajari pengetahuan agama sebagai ciri khas madrasah. Maka orang tua yang peduli terhadap pendidikan agama dan umum anaknya, tentunya Madrasah Darussalam menjadi pilihannya.

Dalam Hikmah Isra Mikraj yang dibawakan oleh dai Zein Asfar Affandy (dai muda Indonesia MNCTV 2014), bahwa Rasulullah SAW diperjalankan oleh Allah SWT sebagai hamba (bi abdihi) sehingga dalam konteks ini, salat sebagai perintah yang diperoleh melalui Isra Mikraj berlaku untuk seluruh umat Nabi Muhammad SAW. Pada kesempatan yang sama, dia juga menyampaikan bahwa siswa yang tamat harus tampil dan mengisi masjid-masjid paling minimal mengambil peran azan dalam salat berjamaah. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda