Wyra Bahar, Suka Duka Servis Elektronik Keliling di Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Menjadi tukang servis elektronik, telah dilakoni oleh Wyra Bahar selama 10 tahun terakhir. Selama itu, warga Jalan Jend.Sudirman Parepare tersebut telah merasakan segala jenis pahit manis menjadi tukang servis keliling.

“Alhamdulillah kalau orderan, tidak pernah ji sepi-sepi amat. Mungkin karena sudah saking lamanya jadi orang sudah mulai kenal dari mulut ke mulut,” kata Wyra, saat berkunjung ke PIJAR, Kamis 2 Maret.

Dalam bekerja, dia tidak mematok harga. Disesuaikannya biaya servis dengan kerusakan dan kesulitan pengerjaan. Namun jangan ragukan kemampuan pria yang memegang sertifikat BLK itu. Saat memperbaiki kipas angin di kantor PIJAR, dua unit bisa dia rampungkan hanya dalam waktu 10 menit.

Wyra menyebut dirinya memilih menjadi tukang servis keliling, karena tidak ingin rumahnya dipenuhi barang elektronik. “Kadang ada barang yang sudah diperbaiki, tapi yg empunya belum ambil. Ada barang yang sudah rusak parah dan tidak bisa lagi diservis, juga tidak diambil. Akhirnya rumah jadi berantakan. Makanya saya lebih pilih keliling. Banyak-banyak silaturahmi juga,” urainya.

Namun pekerjaannya tidak selalu mulus. Dia mengaku kekurangan peralatan modern untuk mengembangkan usahanya. Alat yang dia pakai saat ini, rata-rata masih analog. Jika diberi bantuan atau punya modal, Wyra berharap bisa membeli ohm meter digital, luv atau kaca pembesar, serta komponen-komponen listrik yang lengkap.

Ketua Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Parepare Syahruddin menyebut, skill seperti yang dimiliki Wyra yang mesti diperhatikan pemerintah. Dia mengatakan Parepare adalah kota industri tanpa asap, alias kota jasa. Sehingga warga yang punya keterampilan menyediakan jasa harus mendapat porsi bantuan yang signifikan.

“Akan sangat berarti bagi mereka jika diberi bantuan modal usaha, mengembangkan skill, atau sekadar difasilitasi menjadi instruktur agar skill-nya bisa ditularkan ke yang lain,” tandas Syahruddin.

By the way, jika anda memiliki peralatan elektronik yang rusak, atau perabot kesayangan butuh diperbaiki, silahkan hubungi Wyra di 085255455059 atau di facebook Wyra Bahar. (ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News