WhatsApp Miliki Empat Fitur Baru, Pesan Bisa Terhapus Otomatis

JAKARTA,PIJARNEWS.COMWhatsApp bakal menghadirkan sejumlah pembaruan untuk membuat aplikasi chat-nya kian nyaman bagi pengguna.

Sebagaimana diketahui, WhatsApp merupakan aplikasi chatting paling populer di dunia. Penggunanya mulai dari pengguna Android, iPhone, Mac, PC Windows, hingga beberapa model Windows Phone.

Dilansir dari liputan6.com, salah satu fitur yang akan dihadirkan adalah dark mode atau mode gelap. Berikut adalah keempat update fitur WhatsAapp yang segera digulirkan untuk penggunanya:

1. Hilangkan Pesan

Fitur WhatsApp yang akan datang adalah pesan terhapus otomatis, saat pengguna mengatur berapa lama pesan bakal hilang setelah dibaca.

Kabarnya fitur ini terinspirasi dari Snapchat yang memungkinkan pengguna mengatur penghitung waktu pada pesan mereka.

Fitur bernama Disappearing Message ini ditemukan oleh @WABetaInfo yang menjelajahi software terbaru WhatsApp untuk mencari tahu fitur-fitur yang akan datang.

Laman Express dalam laporan yang dikutip Tekno Liputan6.com, Rabu, 9 Oktober 2019 menyebut, fitur pesan terhapus otomatis ini bakal tersedia di obrolan grup WhatsApp.

Berdasarkan informasi @WABetaInfo, obrolan grup akan menghadirkan pesan terhapus otomatis, sehingga tiap pesan teks, foto, video, atau klip audio yang dibagikan dalam obrolan grup akan terhapus dengan sendirinya. Waktu yang diterapkan adalah 5 detik atau 1 jam.

Sayangnya, belum diketahui kapan WhatsApp akan menghadirkan fitur Disappearing Messages ini ke seluruh pengguna.

2. Dark Mode

Dark mode atau mode gelap merupakan tren terbaru di dunia aplikasikan smartphone, setelah Google dengan Android 10 dan iOS 13 menambahkan kemampuan dark mode.

Opsi dark mode bakal mengalihkan tampilan setiap bagian antarmuka aplikasi yang biasanya berwarna putih menjadi warna abu-abu gelap atau hitam pekat.

Untuk bisa mendapatkan dark mode, pengembang biasanya memperbarui aplikasi dan menambahkan algoritma dark mode. Oleh karenanya, pengguna harus memperbarui aplikasi mereka.

Ketika memutuskan untuk menggunakan tampilan dark mode, tampilan putih tak lagi menyilaukan mata.

WhatsApp kabarnya bekerja keras menghadirkan dark mode di Android maupun iOS. Perusahaan mulai uji coba dark mode pada September lalu.

Dark mode diharapkan hadir ke aplikasi WhatsApp dalam waktu secepatnya.

3. WhatsApp Multiplatform

Mengutip laman BGR, WhatsApp nantinya akan memiliki kemampuan multiplatform. Dengan kemampuan ini, nantinya satu akun WhatsApp bisa login dan bisa dipakai di beberapa smartphone.

Misalnya saja, satu akun WhatsApp yang sama, bisa dipakai di iPhone, iPad, Mac, hingga Windows OS.

Kini pengguna memang sudah bisa menikmati penggunaan WhatsApp di komputer, namun tidak secara lengkap.

Selain itu, saat menggunakan WhatsApp Web, pengguna butuh koneksi ke aplikasi WhatsApp utama yang biasanya ada di smartphone.

WhatsApp belum benar-benar bisa menghadirkan kemampuan multiplatform. Pasalnya, WhatsApp selalu ditautkan dengan satu nomor telepon saja, bukan ke akun yang dapat dipakai di banyak perangkat, apapun OS-nya.

4. WhatsApp di iPad

WhatsApp juga mengubah ketergantungannya pada nomor telepon. Jika layanan WhatsApp menjadi independen dari nomor telepon, aplikasi WhatsApp di iPad bisa jadi platform utama.

Pasalnya, saat ini WhatsApp tidak mendukung perangkat dengan WiFi saja.

Nantinya WhatsApp akan bisa dipakai sebagai akun utama di iPad, di mana pengguna akan bisa melakukan panggilan video, percakapan suara, dan menyinkronkan obrolan ke tablet.

Dengan layar iPad yang lebih besar, pengguna akan lebih nyaman menonton klip video yang dikirimkan atau membaca file yang dikirimkan ke perangkat. (*)

Sumber: liputan6.com
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda