Warga Basseang Dihebohkan Dengan Temuan Kuburan Tua yang Diduga Kuburan Nenek Moyangnya

PINRANG, PIJARNEWS.COM — Warga Kampung Buttu Tangnga, Dusun Kalosi, Desa Basseang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan penemuan kuburan tua yang terdapat pada dinding batu, Sabtu 1 Desember 2018.

Lubang kuburan tua di Desa Basseang, Pinrang ini, mirip dengan kuburan batu yang ada di Kabupaten Tana Toraja (Toraja). Kuburan tua ini ditemukan seorang warga bernama Edy yang saat itu tengah membersihkan kebun miliknya.

“Awalnya saya tengah membersihkan kebun, tiba-tiba saya melihat ada lubang, karena penasaran, saya manjat di batu. Ternyata ada banyak kerangka manusia,” ungkapnya.

Kuburuan atau liang lahat ini berukuran sekira 1 x 1 meter. Berbentuk segi empat dengan kedalamanan 2 meter yang berada di dinding batu. Tampaknya sengaja dilubangi oleh warga terdahulu.

Di dalam kuburuan batu ini, terdapat banyak kerangka manusia dengan enam tengkorak kepala manusia yang diduga merupakan nenek moyang warga Basseang.

Saat wartawan PIJARNEWS berkunjung di lokasi penemuan kuburan tua ini, diperoleh informasi, jika kuburan tersebut telah berusia ratusan tahun, namun kuburan itu telah tertutup oleh banyak akar pohon.

Namun setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata banyak liang lahat atau kuburan serupa yang ditemukan bertebaran di Desa Basseang, Kabupaten Pinrang.

Reporter: Fauzan
Editor: Abdillah Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda