Wapres RI Apresiasi Jurnalisme Perubahan Perilaku, Setuju Program Dilanjutkan

 

JAKARTA, PIJARNEWS.COM
Dewan Pers menyelenggarakan Pembekalan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang bertema “Wartawan sebagai Agen Perubahan Perilaku untuk Penanggulangan Pandemi Covid-19”.

Pembekalan ini digelar pada Senin (14/12/2020) via Zoom dan Live Streaming Youtube yang diikuti oleh peserta Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) ubahlaku.id.

Dalam kegiatan ini menghadirkan Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), Ma’ruf Amin, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19/Kepala BNPB, Doni Monardo, Ketua Dewan Pers, Muhammad Nuh, Ketua Umum PWI Pusat, Atal Depari dan Dr. KH. Cholil Navis (pembaca doa acara pembekalan).

Media dan wartawan yang tergabung sebagai peserta FJPP menjadi pembahasan utama pada pembekalan ini. Dimana saat berlangsungnya program kerjasama antar Dewan Pers dan BNPB yakni Program FJPP, wartawan dan media menjadi garda terdepan dalam mengubah perilaku masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah (3M), membantu masyarakat agar selalu menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kepala BNPB Doni Monardo, dalam kegiatan ini melaporkan kepada Wapres terkait program FJPP. Menurutnya, Program FJPP membantu Satuan Tugas (satgas) Penanganan Covid-19, sebab sebelum program ini ada, pihak Satgas mengalami kesulitan membantah dan mengoreksi berita.

Namun semenjak adanya program FJPP setiap ada pemberitaan yang mengarah pada hoax, berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, Satgas terbantu oleh wartawan FJPP.

Melihat peran media di masa andemi Covid-19 sangat penting. Doni Monardo, memohon program ini dapat berlanjut.

“Mohon kiranya program ini nantinya bisa berlanjut. Kami terus terang saja, sangat senang sekali kalau program ini bisa berlanjut tahun depan, bukan hanya satu semester tapi lebih,” kata  Doni Monardo.

Permohonan kelanjutan program ini juga sebelumnya disampaikan oleh kedua narasumber Atal Depari dan Muhammad Nuh (Ketua Dewan Pers) dalam sambutannya. Atal Depari meminta agar diperpanjang hingga bulan Maret,  sedangkan Ketua Dewan Pers meminta program berlangsung selama satu semester.

Program FJPP yang sudah memasuki bulan kedua saat ini diapresiasi dan diniliai positif oleh Wapres RI, Ma’ruf Amin, hal ini disampaikan dalam kegiatan Pembekalan kepada wartawan FJPP.

“Saya mengapresiasi dan menilai positif langkah kolaboratif yang diinisiasi oleh Dewan Pers dan BNPB,” ucapnya.

Dalam pidatonya,  Ma’ruf Amin juga menyetujui kerjasama antar Dewan Pers dan BNPB yaitu program FJPP terus berlanjut.

“Menyadari bahwa agar akhir dari pandemi Covid-19 segera terwujud dibutuhkan upaya perubahan perilaku masyarakat secara berkelanjutan, makanya saya setuju kerja sama ini dilanjutkan.” tambahnya. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News