Wabup Barru Harap BMD Dikelola Sebagai Aset Strategis

Wakil Bupati Barru, Nasruddin saat memberi sambutan pada kegiatan sosialisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD). --foto humas pemkab barru--

BARRU, PIJARNEWS.COM — Wakil Bupati Barru Ir H Nasruddin AM, M.Si secara resmi membuka sosialisasi pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) dan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD). Acara tersebut berlangsung di Tratai BallRoom Hotel Horison Ultima Makassar, Sabtu (28/9/2019) lalu.

Wakil Bupati Barru Nasruddin mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya aparatur pengelola Barang Milik Daerah (BMD) secara berkesinambungan.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong kemandirian, komitmen dan menguatkan peran strategis pejabat atau aparatur sipil pengelola barang milik daerah. Utamanya dalam hal pemahaman yang komprehensif dan lebih mendalam pada mekanisme, permasalahan pengelolaan barang milik daerah guna terlaksananya pengelolaan BMD yang tertib dan optimal,” ujar mantan Sekda Barru ini.

Kegiatan ini diikuti Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kasubag Program/Keuangan, Pengurus Barang beserta pejabat/aparatur sipil lainnya dalam lingkup Pemkab Barru.

Wakil Bupati Barru Nasruddin dalam sambutanya menambahkan, cukup banyak permasalahan pada setiap Aspek pengelolaan BMD. “Masih banyak praktik pengelolaan BMD yang menyalahi ketentuan peraturan Perundang-undangan. Juga belum mampu dikelola sebagai aset strategis,” kata Nasruddin.

Karena itu, lanjut Nasruddin, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah dan Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang pedoman pengelolaan barang milik daerah, sebagai pengganti ketentuan Peraturan Perundang-undang sebelumnya mengindikasikan Perhatian Negara Terhadap Pengelolaan BMD sudah semakin baik. (*)

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda